ALISA RISTIANING PUTRI, 12209193063 (2023) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KEAKTIFAN SISWA KELAS VIII MATA PELAJARAN IPS DI SMPN 1 NGANTRU TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (464kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (460kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (191kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (232kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (232kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (259kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (123kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (98kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (113kB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul “Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Keaktifan Siswa Kelas VIII Mata Pelajaran IPS di SMPN 1 Ngantru Tulungagung” ini ditulis oleh Alisa Ristianing Putri, NIM 12209193063, Dosen Pembimbing Drs. H. Jani, M.M.,M.Pd. Kata Kunci: Project Based Learning, Keaktifan Siswa, Pelajaran IPS Penelitian ini dilatar belakangi karena model pembelajaran yang dugunakan masih konvensional. Siswa juga kurang minat dalam pembelajaran IPS dan hanya mengandalkan buku LKS dalam pembelajaran sehingga mengakibatkan siswakurang aktif dalam belajar. Wawasan materi pelajaran IPS sangat luas dan tentunya siswa dituntut untuk mempunyai kemampuan dalam menyelesaikan berbagai permasalahan dalam lingkup IPS serta untuk meningkatkan keaktifan siswa. Dalam upaya peningkatan tersebut maka guru perlu menggunakan strategi pilihan model pembelajaran project based learning (PJBL) terhadap keaktifan siswa pelajaran IPS. Latar belakang diatas membuahkan rumusan masalah yang didapat oleh peneliti adalah untuk mengetahui apakah model pembelajaran project based learning berpengaruh sifnifikan terhadapa keaktifan siswa dan seberapa besar pengaruh penerapan model project based learning terhadap keaktifan siswa. Dari rumusan masalah tersebut, maka tujuan peneliti adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran project based learning dan seberapa besar pengaruh yang diperoleh dalam penerapan model pembelajaran project based learning terhadap keaktifan siswa mata pelajaran IPS. Penelitian termasuk pada penelitian kuantitatif dengan jenis quasy eksperimental. Dengan model pembelajaran project based learning (PJBL) yang menjadi variabel bebas dan keaktifan siswa sebagai variabel terikat. Instrumen yang digunakan yaitu angket, observasi, dan dokumentasi. Penelitian ini mengunakan teknik Sumpling Purposive. Populasi yang dugunakan dalam penelitian adalah seluruh kelas VIII . Sampel pada penelitian ini menggunakan 2 kelas, yakni kelas VIII-C sebagai kelas eksperimen siswa dan kelas VIII-D sebagai kelas kontrol dengan jumlah masing-masing 38 siswa. Pengambilan data menggunakan metode Pretest, Postest, Uji-T Pired Simple Test dan perhitungan Effect Size dengan rumus Cohen’s untuk mengetahui besaran pengaruh. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) ada pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran project based learning terhadap keaktifan siswa dengan nilai t hitung = 16.13 dan t tabel 1,991 pada taraf signifikansi 5% yaitu sehingga nilai t hitung >t tabel dengan nilai rata-rata kelas eksperimen sebesar 89,5 sedangkan kelas kontrol 69,5, (2) besarnya pengaruh model pembelajaran project based learning terhadap keaktifan siswa memperoleh nilai presentasie 82% termasuk dalam ketegori tinggi.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > E-Learning Ilmu Pengetahuan Sosial Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris IPS |
Depositing User: | S1 12209193063 Alisa Ristianing Putri |
Date Deposited: | 06 Jun 2023 03:42 |
Last Modified: | 06 Jun 2023 03:42 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/35977 |
Actions (login required)
View Item |