PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KEAKTIFAN SISWA KELAS VIII MATA PELAJARAN IPS DI SMPN 1 NGANTRU TULUNGAGUNG

ALISA RISTIANING PUTRI, 12209193063 (2023) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KEAKTIFAN SISWA KELAS VIII MATA PELAJARAN IPS DI SMPN 1 NGANTRU TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (464kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (460kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (191kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (232kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (232kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (259kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (123kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (98kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (113kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Keaktifan Siswa Kelas VIII Mata Pelajaran IPS di SMPN 1 Ngantru Tulungagung” ini ditulis oleh Alisa Ristianing Putri, NIM 12209193063, Dosen Pembimbing Drs. H. Jani, M.M.,M.Pd. Kata Kunci: Project Based Learning, Keaktifan Siswa, Pelajaran IPS Penelitian ini dilatar belakangi karena model pembelajaran yang dugunakan masih konvensional. Siswa juga kurang minat dalam pembelajaran IPS dan hanya mengandalkan buku LKS dalam pembelajaran sehingga mengakibatkan siswakurang aktif dalam belajar. Wawasan materi pelajaran IPS sangat luas dan tentunya siswa dituntut untuk mempunyai kemampuan dalam menyelesaikan berbagai permasalahan dalam lingkup IPS serta untuk meningkatkan keaktifan siswa. Dalam upaya peningkatan tersebut maka guru perlu menggunakan strategi pilihan model pembelajaran project based learning (PJBL) terhadap keaktifan siswa pelajaran IPS. Latar belakang diatas membuahkan rumusan masalah yang didapat oleh peneliti adalah untuk mengetahui apakah model pembelajaran project based learning berpengaruh sifnifikan terhadapa keaktifan siswa dan seberapa besar pengaruh penerapan model project based learning terhadap keaktifan siswa. Dari rumusan masalah tersebut, maka tujuan peneliti adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran project based learning dan seberapa besar pengaruh yang diperoleh dalam penerapan model pembelajaran project based learning terhadap keaktifan siswa mata pelajaran IPS. Penelitian termasuk pada penelitian kuantitatif dengan jenis quasy eksperimental. Dengan model pembelajaran project based learning (PJBL) yang menjadi variabel bebas dan keaktifan siswa sebagai variabel terikat. Instrumen yang digunakan yaitu angket, observasi, dan dokumentasi. Penelitian ini mengunakan teknik Sumpling Purposive. Populasi yang dugunakan dalam penelitian adalah seluruh kelas VIII . Sampel pada penelitian ini menggunakan 2 kelas, yakni kelas VIII-C sebagai kelas eksperimen siswa dan kelas VIII-D sebagai kelas kontrol dengan jumlah masing-masing 38 siswa. Pengambilan data menggunakan metode Pretest, Postest, Uji-T Pired Simple Test dan perhitungan Effect Size dengan rumus Cohen’s untuk mengetahui besaran pengaruh. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) ada pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran project based learning terhadap keaktifan siswa dengan nilai t hitung = 16.13 dan t tabel 1,991 pada taraf signifikansi 5% yaitu sehingga nilai t hitung >t tabel dengan nilai rata-rata kelas eksperimen sebesar 89,5 sedangkan kelas kontrol 69,5, (2) besarnya pengaruh model pembelajaran project based learning terhadap keaktifan siswa memperoleh nilai presentasie 82% termasuk dalam ketegori tinggi.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > E-Learning
Ilmu Pengetahuan Sosial
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris IPS
Depositing User: S1 12209193063 Alisa Ristianing Putri
Date Deposited: 06 Jun 2023 03:42
Last Modified: 06 Jun 2023 03:42
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/35977

Actions (login required)

View Item View Item