PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BUKU SAKU MATERI EKONOMI KELAS X MA MA’ARIF NU KOTA BLITAR

KHAYRON PRAYOGO, 12209183096 (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BUKU SAKU MATERI EKONOMI KELAS X MA MA’ARIF NU KOTA BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (298kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (609kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (469kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (431kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (652kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (320kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (356kB) | Preview

Abstract

Skripsi yang berjudul “Pengembangan Media Pembelajaran Buku Saku Materi Ekonomi Kelas X MA Ma’arif NU Kota Blitar” ini ditulis oleh Khayron Prayogo, NIM 12209183096, pembimbing Drs, H. Jani, M.M., M.Pd. Kata kunci : pengembangan, media pembelajaran, buku saku, materi ekonomi. Penelitian ini berlatar belakang pada permasalahan pembelajaran di MA Ma’arif NU kota blitar yang ditemukan waktu magang/PPL. Kegiatan pembelajaran yang cenderung menggunakan video pembelajaran dengan pemutaran sekali dan siswa mencatat materi yang ada di video. Hal tersebut berpengaruh pada motivasi dan minat belajar siswa menjadi menurun. Terdapat pula masalah pada media pembelajaran pegangan siswa yang berupa LKS khusus madrasah yang memuat sedikit materi. Selain itu siswa disana adalah 100% santri pada pondok pesantren yang ada disana. Sehingga siswa tidak boleh menggunakan smartphone saat berada di pesantren. Maka dari itu, peneliti memiliki gagasan untuk mengembangkan buku saku sebagai tambahan media pembelajaran. Latar belakang diatas membuahkan rumusan masalah yang didapat oleh peneliti adalah bagaimana langkah-langkah pengembangan media pembelajaran buku saku ekonomi dan berapa tingkat kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan dari buku saku tersebut. Dari rumusan masalah tersebut, maka tujuan peneliti adalah mengembangkan buku saku serta menjelaskan bagaimana langkah-langkah pengembangan buku saku tersebut dan mengetahui tingkat kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan dari buku saku ekonomi yang dikembangkan. Penelitian ini termasuk pada penelitian pengembangan atau R&D (Research and Development) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Pengumpulan data oleh peneliti menggunakan observasi, angket, tes, dan dokumentasi. Data yang diperoleh nantinya data berupa kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif berupa hasil observasi serta wawancara singkat dan data kuantitatif berupa nilai dari tes serta hasil dari validasi buku saku. Hasil dari penelitia ini adalah buku saku ekonomi yang dikembangkan melalui model pengembangan ADDIE. Buku saku ekonomi tersebut memperoleh tingkat kevalidan yang dilihat dari perolehan validasi media dengan prosentase skor 79,2%, ahli materi 83,3% , dan guru mata pelajaran 86,6% dengan kesimpulan berkategori valid dan layak digunakan. Tingkat keprkatisan buku saku ditinjau dari hasil respon peserta didik berprosentase 80,9% dengan kategori praktis digunakan dalam pembelajaran. Serta tingkat keefektifan diketahui melalui uji hipotesis dari uji Wilcoxon dengan perolehan 0,000 <0,05 dan diartikan terdapat perbedaan sebelum dan sesudah penggunaan buku saku ekonomi. Maka buku saku ekonomi dikategorikan efektif digunakan dalam pembelajaran.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Koperasi
Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan > Pendidikan Menengah Atas
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris IPS
Depositing User: 12209183096 Khayron Prayogo
Date Deposited: 05 Jun 2023 03:19
Last Modified: 05 Jun 2023 03:19
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/35997

Actions (login required)

View Item View Item