INTERNALISASI NILAI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DALAM MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA UNTUK MENUMBUHKAN SIKAP PLURALISME SISWA (Studi Multi Kasus di SMKN 2 Magetan dan SMF Katolik Bina Farma Madiun)

TSANIA UTSMA TAUSIH, 12850621044 (2023) INTERNALISASI NILAI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DALAM MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA UNTUK MENUMBUHKAN SIKAP PLURALISME SISWA (Studi Multi Kasus di SMKN 2 Magetan dan SMF Katolik Bina Farma Madiun). [ Thesis ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (830kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (524kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (154kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (486kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (859kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (391kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (307kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (267kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (386kB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah realitas mengenai pentingnya proses internalisasi nilai pendidikan multikultural dalam lembaga pendidikan untuk menumbuhkan sikap pluralisme siswa, mengingat keadaan bangsa Indonesia sebagai suatu negara yang multikultur,plural, serta sedang dihadapkan dengan kemajuan teknologi yang begitu cepat. Fakta ini kerap kali dimanfaatkan dan disalahgunakan sebagai alasan munculnya bibit-bibit konflik ataupun perpecahan diantara masyarakat Indonesia. Dalam hal ini, SMKN 2 Magetan dan SMF Katolik Bina Farma Madiun telah melakukan internalisasi nilai pendidikan multikultural dalam mata pelajaran Pendidikan Agama untuk menumbuhkan sikap pluralisme siswa. Pertanyaan penelitian dalam tesis ini adalah : 1) Bagaimana transformasi nilai pendidikan multikultural dalam mata pelajaran Pendidikan Agama untuk menumbuhkan sikap pluralisme siswa di SMKN 2 Magetan dan SMF Katolik Bina Farma Madiun?; 2) Bagaimana transaksi nilai pendidikan multikultural dalam mata pelajaran Pendidikan Agama untuk menumbuhkan sikap pluralisme siswa di SMKN 2 Magetan dan SMF Katolik Bina Farma Madiun?; 3) Bagaimana trans-internalisasi nilai pendidikan multikultural dalam mata pelajaran Pendidikan Agama untuk menumbuhkan sikap pluralisme siswa di SMKN 2 Magetan dan SMF Katolik Bina Farma Madiun?. Penelitian ini menggunakan pendekatan penetilian kualitatif dengan rancangan penelitian studi multi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah : wawancara mendalam, observasi partisipan, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Miles, Hubberman dan Saldana. Hasil penelitian ini sebagai berikut : 1) Transformasi nilai pendidikan multikultural dalam mata pelajaran Pendidikan Agama untuk menumbuhkan sikap pluralisme siswa di SMKN 2 Magetan dan SMF Katolik Bina Farma Madiun meliputi : adanya kebijakan tidak tertulis ataupun tertulis yang ditetapkan oleh sekolah; menciptakan lingkungan sekolah yang adil dan setara; menyediakan fasilitas ibadah yang memadai; memberikan hak untuk menggunaakan atribut keagamaan; menciptakan suasana kelas yang multicultural; menumbuhkan ruh guru yang selalu bersemangat; membuat modul khusus atau mengintegrasikan nilai pendidikan multicultural dengan konten yang ada dalam pembelajaran; melakukan komunikasi verbal melalui metode ceramah, tanya jawab, dll; memanfaatkan teknologi; serta meminta siswa menceritakan ulang pengetahuanpengetahuan mereka. 2) Transaksi nilai pendidikan multikultural dalam mata pelajaran Pendidikan Agama untuk menumbuhkan sikap pluralisme siswa di SMKN 2 Magetan dan SMF Katolik Bina Farma Madiun meliputi : mengadakan diskusi, menciptakan karya sebagai media pembelajaran, mengadakan kegiatan P5, memberikan siswa kesempatan untuk mengungkapkan latar belakang mereka, mengontrol aktivitas siswa di luar sekolah, memiliki hidden curriculum dalam pembelajaran, mengadakan kegiatan amal, serta melaksanaan bakti sosial dan perayaan hari besar agama. 3). Trans-internalisasi nilai pendidikan multikultural dalam mata pelajaran Pendidikan Agama untuk menumbuhkan sikap pluralisme siswa di SMKN 2 Magetan dan SMF Katolik Bina Farma Madiun meliputi : Guru menjadi suri tauladan dan menjadi motivator bagi siswa.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Pendidikan Islam
Pendidikan > Pendidikan Menengah Atas
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S.Pd. 12850621044 Tsania Utsma Tausih
Date Deposited: 06 Jun 2023 02:35
Last Modified: 06 Jun 2023 02:35
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/36049

Actions (login required)

View Item View Item