VIAN AZIZI, 12201183225 (2023) STRATEGI GURU PAI DALAM MENGUATKAN SPIRITUALITAS PESERTA DIDIK DI MI MANSYAUL ULUM SUKOSONGO LAMONGAN. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (740kB) |
||
Text
ABSTRAK.pdf Download (228kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (33kB) |
||
|
Text
BAB I.pdf Download (277kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (337kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (129kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (332kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (217kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (38kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (178kB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul “Strategi Guru PAI dalam Menguatkan Spiritualitas Peserta Didik di MI Mansyaul Ulum Sukosongo Lamongan” ini ditulis oleh Vian Azizi, NIM: 12201183225, Pendidikan Agama Islam (PAI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) Universitas Islam Negeri (UIN) Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung 202, Dosen Pembimbing Dr. Khoirul Anam, M.Pd.I Kata Kunci: Strategi Guru, Menguatkan Spiritualitas Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena kemerosotan moral yang terjadi di masyarakat semakin meningkat. Sudah saatnya sebagai peserta didik untuk mengakhirinya dengan menguatkan spiritualitas melalui pembelajaran agama. Guru PAI merupakan pusat sentral dalam pembinaan keagamaan, oleh karena itu guru PAI dituntut untuk memiliki strategi dalam menguatkan spiritualitas peserta didik. Di MI Mansyaul Ulum guru PAI dimana cara guru dalam menyampaikan materi dengan merubah suasana kelas bedasarkan dengan strategi pengorganisasian, penyampaian, dan pengelolaan menurut Reigeluth. Fokus penelitian pada skripsi ini adalah (1) Bagaimana strategi pengorganisasian guru PAI dalam menguatkan spiritualitas peserta didik di MI Mansyaul Ulum Sukosongo Lamongan? (2) Bagaimana strategi penyampaian guru PAI dalam menguatkan spiritualitas peserta didik di MI Mansyaul Ulum Sukosongo Lamongan? (3) Bagaimana strategi pengelolaan guru PAI dalam menguatkan spiritualitas peserta didik di MI Mansyaul Ulum Sukosongo Lamongan? Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan versi Miles dan Huberman yang terdiri dari reduksi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan atau verifikasi. Pengecekan keabsahan data menggunakan trianggulasi, perpanjangan keikutsertaan, dan ketekunan/ keajengan pengamatan. Dari hasil penelitian ditemukan: 1) Strategi pengorganisasian yang dilakukan guru PAI adalah dengan membuat rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) dan menata isi materi dengan menggunakan LKS sebagai acuan. 2) Strategi penyampaian yang dilakukan guru PAI adalah dengan menggunakan media berbasis manusia dan cetak, interaksi peserta didik dengan media mampu menimbulkan semangat dan respon peserta didik, bentuk belajar mengajar menerapkan bentuk kelas besar dan kelompok. 3) Strategi pengelolaan yang dilakukan guru PAI adalah dengan penjadwalan penggunaan strategi pembelajaran sudah terjadwal yaitu penggunaan metode yang bervariasi, pembuatan catatan kemajuan belajar dengan penilaian yang tertera di RPP serta tambahan nilai, pengelolaan motivasi adalah dengan memberikan nasehat kepada peserta didik, kontrol belajar dengan membangun
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Karakter Pendidikan > Peserta Didik Pendidikan > Strategi Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 12201183225 VIAN AZIZI |
Date Deposited: | 06 Jun 2023 03:12 |
Last Modified: | 06 Jun 2023 03:12 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/36054 |
Actions (login required)
View Item |