NUNUNG SRI WAHYUNI, 12204193247 (2023) KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL HOTS MATERI SPLDV SISWA KELAS VIII DI MTs ASSYAFI’IYAH GONDANG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (853kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (262kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (55kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (316kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (395kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (200kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (276kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (10kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (158kB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal HOTS Pada Materi SPLDV Siswa Kelas VIII di MTs Assyafi’iyah Gondang” ditulis oleh Nunung Sri Wahyuni, NIM. 12204193247. Pembimbing : Dr.Muniri, M.Pd Kata kunci: Penalaran Matematis, Soal HOTS, SPLDV Materi matematika dan penalaran merupakan dua hal yang tidak dapat dipisahkan, yaitu materi matematika dipahami melalui penalaran dan penalaran dipahami dan dilatih melalui belajar materi matematika. Hal ini dikarenakan permasalahan matematika diselesaikan dengan proses bernalar, dan proses bernalar didapat dari proses memahami konsep matematis, sehingga dengan begitu akan mudah dalam memecahkan masalah matematika. Kemampuan penalaran matematis juga sangat dibutuhkan dalam menyelesaikan soal berpikir tingkat tinggi atau bisa disebut HOTS. Materi SPLDV merupakan sub pokok bahasan dari mata pelajaran matematika yang diberikan kepada siswa kelas VIII SMP/MTs. Dalam materi ini siswa harus mampu menyelesaikan soal serta mengetahui cara-cara dalam pemecahannya. Namun kenyataannya banyak siswa yang kesulitan dan kurang memahami isi soal berpikir tingkat tinggi pada materi SPLDV. Berkenaan dengan penjelasan tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan penalaran matematis siswa dalam menyelesaikan soal HOTS pada materi SPLDV siswa kelas VIII di MTs Assyafi’iyah Gondang. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif yang dilaksanakan di MTs Assyafi’iyah Gondang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, wawancara, dan dokumentasi. Tes yang diberikan adalah tes penalaran matematis yang terdiri dari dua soal HOTS pada materi SPLDV. Teknik wawancara digunakan untuk mendalami kemampuan penalaran matematis subjek. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa:(1) Kemampuan penalaran matematis tinggi dalam menyelesaikan soal HOTS memenuhi 5 indikator penalaran matematis yaitu: indikator menyajikan pernyataan matematika secara tertulis dan lisan, mengajukan dugaan, melakukan manipulasi matematika, menyusun bukti memberikan alasan atau bukti terhadap beberapa solusi dan menarik kesimpulan, dan memeriksa kembali dalam memeriksa kesahahihan argumen. (2) Kemampuan penalaran matematis sedang memenuhi 4 indikator penalaran matematis yaitu: menyajikan pernyataan matematika secara lisan dan tertulis, mengajukan dugaan, melakukan manipulasi matematika, dan memeriksa kembali dalam memeriksa kesahahihan argumen. (3) Kemampuan penalaran matematis rendah hanya memenuhi 1 indikator yaitu menyajikan pernyataan matematika secara lisan dan tertulis.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Nunung Sri Wahyuni |
Date Deposited: | 06 Jun 2023 03:34 |
Last Modified: | 06 Jun 2023 03:34 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/36062 |
Actions (login required)
View Item |