STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI KEAGAMAAN PADA SISWA SMAN 1 CAMPURDARAT TULUNGAGUNG

REGA MAYLESTIANA, 12201173358 (2023) STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI KEAGAMAAN PADA SISWA SMAN 1 CAMPURDARAT TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (566kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (311kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (443kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (411kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (266kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (589kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (257kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (125kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (247kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi yang berjudul “Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menanamkan Nilai-Nilai Keagamaan pada Siswa di SMAN 1 Campurdarat Tulungagung” ini ditulis oleh Rega Maylestiana, NIM 12201173358, Jurusan Pendidikan Agama Islam, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, dibimbing oleh Dr. Muhamad Zaini, M.A. Kata Kunci: Strategi Guru PAI, Nilai-nilai keagamaan Sekolah sebagai lembaga pendidikan yang berfungsi untuk mendidik siswa, mengajarkan ilmu umum maupun ilmu agama melalui seorang guru. Guru pendidikan agama Islam memiliki peranan penuh dalam mengajarkan ilmu agama dan menanamkan nilai-nilai agama pada siswa. Serta penerapannya diperlukan program kegiatan yang dapat mendukung penanaman nilai-nilai keagamaan. Pertanyaan penelitian ini adalah: 1) Bagaimana strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam menanamkan nilai-nilai keagamaan pada siswa di SMAN 1 Campurdarat Tulungagung? 2) Bagaimana strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam menanamkan nilai-nilai keagamaan melalui program shalat berjamaah pada siswa di SMAN 1 Campurdarat Tulungagung? 3) Bagaimana strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam menanamkan nilai-nilai keagamaan melalui program ekstrakurikuler sholawat pada siswa di SMAN 1 Campurdarat Tulungagung. Adapun tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam menanamkan nilai-nilai keagamaan melalui pembiasaan membaca al- Qur‟an pada siswa di SMAN 1 Campurdarat Tulungagung. 2) Untuk mendeskripsikan strategi Pendidikan Agama Islam dalam menanamkan nilai-nilai keagamaan melalui program shalat berjamaah pada siswa di SMAN 1 Campurdarat Tulungagung. 3) Untuk mendeskripsikan strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam menanamkan nilai-nilai keagamaan melalui program ekstrakurikuler sholawat pada siswa di SMAN 1 Campurdarat Tulungagung Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Lokasi penelitiannya di SMAN 1 Campurdarat Tulungagung. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah: 1) Strategi guru pendidikan agama Islam dalam menanamkan nilai-nilai keagamaan melalui pembiasaan membaca al-Qur‟an adalah; membiasakan siswa untuk membaca al-Qur‟an serta menghafal surat-surat pendek, memberikan materi terkait membaca al-Qur‟an dan memahami bacaan makhraj dan tajwidnya, memberikan sanksi yang mendidik bagi siswa, mengevaluasi hasil pembelajaran siswa dalam membaca al-Qur‟an, dan memberikan penghargaan guna mengapresiasi siswa. 2) Strategi guru pendidikan agama Islam dalam menanamkan nilai-nilai keagamaan melalui program shalat dhuhur berjamaah adalah; memberikan anjuran, pembiasaan, pengarahan, serta wawasan kepada siswa dengan senantiasa memberikan keteladanan dalam melaksanakan shalat dhuhur berjamaah. 3) Strategi guru pendidikan agama Islam dalam menanamkan nilai-nilai keagamaan melalui program ekstrakurikuler shalawat adalah; memberikan jadwal latihan shalawat setelah melaksanakan shalat dhuhur berjamaah, memberikan adab, materi dan kajian seputar shalawat, serta memberikan tempat kepada siswa untuk syiar shalawat menampilkan hasil latihannya melalui event yang terdapat di sekolah maupun di luar sekolah.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S.Pd 12201173358 REGA MAYLIESTINA
Date Deposited: 07 Jun 2023 07:05
Last Modified: 07 Jun 2023 07:05
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/36108

Actions (login required)

View Item View Item