UPAYA PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN TEKS CERITA INSPIRATIF PADA SISWA KELAS IX MTS DARUSSALAM KADEMANGAN BLITAR

BINTI DIANA SAFAWATI, 12210183035 (2023) UPAYA PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN TEKS CERITA INSPIRATIF PADA SISWA KELAS IX MTS DARUSSALAM KADEMANGAN BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Upaya Penerapan Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Teks Cerita Inspiratif pada Siswa Kelas IX MTs Darussalam Kademangan Blitar” ini ditulis oleh Binti Diana Safawati, NIM. 12210183035, pembimbing Titik Dwi Ramthi Hakim, M.Pd Kata kunci: pendidikan karakter, pembelajaran teks cerita inspiratif Pendidikan Nasional bertujuan mengembangkan kemampuan dan watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa pada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap,kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab. Namun, tujuan pendidikan di atas belum sepenuhnya tercapai. Hal ini dapat dilihat dengan perilaku menyimpang yang sering ditunjukkan oleh siswa. Dalam hal ini perlu dilakukan berbagai upaya agar semua aspek yang termuat dalam tujuan pendidikan nasional dapat tercapai. Salah satu upaya yang perlu dilakukan adalah dengan menerapkan pendidikan karakter dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan perencanaan pendidikan karakter dalam pembelajaran teks cerita inspiratif pada siswa kelas IX MTs Darussalam Kademangan Blitar; (2) mendeskripsikan pelaksanaan pendidikan karakter dalam pembelajaran teks cerita inspiratif pada siswa kelas IX MTs Darussalam Kademangan Blitar; (3) mendeskripsikan evaluasi pendidikan karakter dalam pembelajaran teks cerita inspiratif pada siswa kelas IX MTs Darussalam Kademangan Blitar. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian adalah deskriptif-kualitatif, sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan model Miles dan Huberman. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa pendidikan karakter sudah diimplementasikan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia pada siswa kelas IX MTs. Darussalam Kademangan Blitar. Hasil penelitian pada penelitian ini adalah sebagai berikut, (1) pada tahap perencanaan pendidikan karakter dalam pembelajaran teks cerita ispiratif pada siswa kelas IX MTs Darussalam Kademangan Blitar, terdapat beberapa nilai karakter yang direncanakan oleh guru diantaranya religius, jujur, disiplin, tanggung jawab, toleransi, dan gotong royong; (2) pada kegiatan pelaksanaan pendidikan karakter dalam pembelajaran teks cerita inspiratif pada siswa kelas IX MTs Darussalam Kademangan Blitar, guru menererapkan beberapa nilai karakter, diantaranya religius, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan dan nasionalisme, cinta tanah air, komunikatif, gemar membaca, peduli sosial, tanggung jawab; (3) pada tahap evaluasi pendidikan karakter dalam pembelajaran teks cerita inspiratif pada siswa kelas IX MTs Darussalam Kademangan Blitar, guru menggunakan 8 nilai pendidikan karakter yang terdapat pada instrumen penilaian, diantaranya religius, jujur, disiplin, tanggung jawab, toleransi, gotong royong, santun, dan percaya diri.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bahasa Dan Sastra > Bahasa Indonesia
Bimbingan dan Konseling Islam > Kepribadian
Pendidikan > Pendidikan Karakter
Bimbingan dan Konseling Islam > Perilaku
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: 12210183035 BINTI DIANA SAFAWATI
Date Deposited: 07 Jun 2023 08:34
Last Modified: 07 Jun 2023 08:34
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/36137

Actions (login required)

View Item View Item