RIF'ATUL MUSYAFA'AH, 12850621035 (2023) PENGARUH PEMBELAJARAN KITAB TA’LIM MUTA’ALLIM DAN KITAB ADABUL ‘ALIM WAL MUTA’ALLIM TERHADAP AKHLAK SANTRI (Study of Explanatory Mix Method di Pesantren Darul Huda Srono Banyuwangi). [ Thesis ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (390kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (170kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (295kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (590kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (383kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (916kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (408kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (189kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (205kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Thesis dengan judul “Pengaruh Pembelajaran Kitab Ta’limul Muta’allim dan Kitab Adabul ‘Alim Wal Muta’allim Terhadap Akhlak Santri (Studi Of Explanatory Mixed Methods Di Pondok Pesantren Darul Huda Srono Banyuwangi)”. ini ditulis oleh Rif’atul Musyafa’ah, NIM. 12850621035, dengan dibimbing oleh Prof. Dr. H. Ahmad Tanzeh, M.Pd.I, dan Prof. Dr. H. Abad Badruzzaman Lc., M. Ag. Kata Kunci: Pengaruh Pembelajaran, Kitab Ta’lim Muta’allim, Kitab Adabul ‘Alim Wal Muta’allim Penelitian dalam tesis ini dilatarbelakangi oleh menurunnya kualitas akhlak para pelajar atau remaja membuat pembelajaran mengenai pendidikan akhlak sangat diperlukan, hal ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan akhlak siswa dalam proses pembelajaran maupun akhlak dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh pembelajaran pendidikan akhlak terhadap santri melalui kitab-kitab serta pengaruhnya terhadap santri itu sendiri melalui pembelajaran kitab Ta’lim Muta’allim dan kitab ‘Adabul ‘Alim Wal Muta’allim. Rumusan masalah pada penelitian ini: (1) Adakah pengaruh pembelajaran kitab Ta’lim Muta’allim terhadap akhlak santri di Pondok Pesantren Darul Huda Srono Banyuwangi?, (2) Adakah pengaruh pembelajaran kitab ‘Adabul ‘Alim Wal Muta’allim terhadap akhlak santri di Pondok Pesantren Darul Huda Srono Banyuwangi?, (3) Adakah pengaruh pembelajaran kitab Ta’lim Muta’allim dan kitab ‘Adabul ‘Alim Wal Muta’allim terhadap akhlak santri di Pondok Pesantren Darul Huda Srono Banyuwangi?, (4) Bagaimanakah proses pembelajaran kitab Ta’lim Muta’allim dan kitab ‘Adabul ‘Alim Wal Muta’allim di Pondok Pesantren Darul Huda Srono Banyuwangi?, (5) Bagaimanakah keberhasilan pembelajaran kitab Ta’lim Muta’allim dan kitab ‘Adabul ‘Alim Wal Muta’allim dalam menanamkan akhlak santri di Pondok Pesantren Darul Huda Srono Banyuwangi? Tujuan penelitian tesis ini adalah (1) Untuk membuktikan pengaruh pembelajaran kitab Ta’lim Muta’allim terhadap akhlak santri di Pondok Pesantren Darul Huda Srono Banyuwangi, (2) Untuk membuktikan pengaruh pembelajaran kitab ‘Adabul ‘Alim Wal Muta’allim terhadap akhlak santri di Pondok Pesantren Darul Huda Srono Banyuwangi, (3) Untuk membuktikan pengaruh pembelajaran kitab Ta’lim Muta’allim dan kitab ‘Adabul ‘Alim Wal Muta’allim terhadap akhlak santri di Pondok Pesantren Darul Huda Srono Banyuwangi, (4) Untuk mendeskripsikan dan analisis proses pembelajaran kitab Ta’lim Muta’allim dan kitab ‘Adabul ‘Alim Wal Muta’allim di Pondok Pesantren Darul Huda Srono Banyuwangi, (5) Untuk mendeskripsikan dan analisis keberhasilan pembelajaran kitab Ta’lim Muta’allim dan kitab ‘Adabul ‘Alim Wal Muta’allim dalam menanamkan akhlak santri di Pondok Pesantren Darul Huda Srono Banyuwangi. Metode penelitian yang digunakan adalah explanatory mixed method (Kunatitatif - Kualitatif) yaitu penelitian gabungan yang diawali dari penelitian kuantitatif dan dilajutkan penelitian kualitatif. Pada tahap akhir, temuan dari kedua penelitian akan digabung untuk dianalisis secara stimulant, diinterpretasi, dan dilakukan pembahasan. Hasil penelitian ini sebagai berikut: (1) Ada pengaruh yang signifikan dalam pembelajaran Kitab Ta’lim Muta’allim terhadap akhlak santri di pondok pesantren Darul Huda Srono Banyuwangi ditunjukkan prosentase 14,4%, (2) Ada pengaruh yang signifikan dalam pembelajaran Kitab Adabul Alim Wal Muta’allim terhadap akhlak santri di pondok pesantren Darul Huda Srono Banyuwangi ditunjukkan prosentase 5,7%, (3) Ada pengaruh yang signifikan dalam pembelajaran Kitab Ta’lim Muta’allim dan Kitab Adabul Alim Wal Muta’allim terhadap akhlak santri di pondok pesantren Darul Huda Srono Banyuwangi (4) Berdasarkan hasil temuan peneliti di lapangan, mengetahui bahwa proses pembelajaran Kitab Ta’lim Muta’allim dan Kitab Adabul Alim Wal Muta’allim di Pondok Pesantren Darul Huda Srono Banyuwangi dilakukan dalam 3 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Perencanaan yang diterapkan yaitu mengatur segala persiapan pembelajaran berkaitan dengan kitab-kitab yang akan diajarkan, tujuan pembelajaran yang ditetapkan, serta pengaturan tata tertib di pondok pesantren. Pelaksanaan dengan menggunakan metode bandongan, pembiasaan dalam penerapan materi untuk kegiatan sehari-hari dan keteladanan dari kiyai ustad/ustadzah, Pengawasan dan kontrol oleh pengurus pondok. (5) Berdasarkan hasil temuan peneliti di lapangan, mengetahui bahwa keberhasilan pembelajaran Kitab Ta’lim Muta’allim dan Kitab Adabul Alim Wal Muta’allim di Pondok Pesantren Darul Huda Srono Banyuwangi dapat dilihat dari tiga faktor yaitu aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik. Aspek kognitif: (1) Pengetahuan (knowledge), (2) Pemahaman (Comprehension), (3) Penerapan (Application). Aspek afektif: (1) Penerimaan (Receiving), (2) Tanggapan (Responding), (3) Penghayatan (karakterisasi). Aspek psikomotorik bentuk keberhasilan pembelajaran dapat dilihat melalui kecakapan dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran.
Item Type: | Thesis (UNSPECIFIED) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Islàm |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Rif'atul Musyafa'ah |
Date Deposited: | 07 Jun 2023 08:45 |
Last Modified: | 07 Jun 2023 08:45 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/36138 |
Actions (login required)
View Item |