PENGARUH PENDEKATAN KOMUNIKATIF TERHADAP KEMAMPUAN BERBICARA DALAM DEBAT SISWA KELAS X SMKN 1 UDANAWU BLITAR

ULIL AZMI, 12210183009 (2023) PENGARUH PENDEKATAN KOMUNIKATIF TERHADAP KEMAMPUAN BERBICARA DALAM DEBAT SISWA KELAS X SMKN 1 UDANAWU BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (944kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (528kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (339kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (365kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (345kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (412kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (333kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (188kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (400kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran pada bahasa Indonesia menekankan pentingnya penguasaan keterampilan berbahasa, salah satunya keterampilan berbicara. Kemampuan berbicara terdapat dalam pembelajaran bahasa Indonesia adalah materi debat. Kondisi lapangan yang menunjukkan diberlakukannya pendekatan ekspositori dan tidak sesuai dengan materi menjadi tidak efektif, menimbulkan kejenuhan pada siswa, membuat kelas menjadi pasif, dan keterampilan berbahasa siswa menjadi menurun. Untuk mengatasi masalah tersebut, diterapkanlah pendekatan komunikatif ditujukan meningkatkan kemampuan berbicara dalam debat siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pendekatan komunikatif terhadap kemampuan berbicara dalam debat siswa kelas X SMKN 1 Udanawu. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif eksperimen semu dengan bentuk desain (Quasi Experimental Design) dan menggunakan model nonequivalent control group design. Penelitian ini menerapkan pendekatan komunikatif untuk kelas eksperimen dan pendekatan ekspositori pada kelas kontrol. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X TKRO SMKN 1 Udanawu tahun pelajaran 2021/2022. Teknik pengambilan sampel dengan purposive sampling sehingga sampel yang dipilih penelitian ini yaitu kelas X TKRO 1 yang terdiri dari 17 siswa sebagai kelas kontrol dan kelas X TKRO 4 yang terdiri dari 17 siswa sebagai kelas eksperimen. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah hasil penilaian debat siswa berupa soal pre-test dan post-test yang berbentuk tes kemampuan berbicara dalam debat siswa. Uji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji-t dan uji N-Gain. Berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan menggunakan uji-t (t-test) pada uji hipotesis, diperoleh nilai probabilitas (S symp. Sig) senilai 0,000 lebih kecil dari 0,05 atau H0 ditolak. Dengan ditolaknya H0 maka Ha diterima. Hal tersebut membuktikan bahwa penerapan pendekatan komunikatif berpengaruh terhadap kemampuan berbicara dalam debat siswa kelas X SMKN 1 Udanawu dengan jumlah peningkatan hasil belajar kelas kontrol sebesar (0,169 < 0,30) berada pada kategori rendah sedangkan kelas eksperimen sebesar (0,30 < 0,674 < 0,70) berada pada kategori sedang. Jadi, pendekatan komunikatif terbukti efektif terhadap kemampuan berbicara dalam debat siswa kelas X SMKN Udanawu Blitar.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bahasa Dan Sastra > Bahasa Indonesia
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: 12210183009 ULIL AZMI
Date Deposited: 08 Jun 2023 03:03
Last Modified: 08 Jun 2023 03:03
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/36158

Actions (login required)

View Item View Item