PENGARUH KEPEMIMPINAN VISIONER, BUDAYA AKADEMIK, DAN KINERJA GURU TERHADAP EFEKTIVITAS MAN SE-KABUPATEN BLITAR

FATATI NURYANA, 12850121014 (2023) PENGARUH KEPEMIMPINAN VISIONER, BUDAYA AKADEMIK, DAN KINERJA GURU TERHADAP EFEKTIVITAS MAN SE-KABUPATEN BLITAR. [ Thesis ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (563kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (323kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (496kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (508kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (698kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (327kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (284kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (197kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Tesis dengan judul “Pengaruh Kepemimpinan Visioner, Budaya Akademik, dan Kinerja Guru terhadap Efektivitas MAN se-Kabupaten Blitar” ini ditulis oleh Fatati Nuryana dengan Pembimbing Prof. Dr. Hj. Binti Maunah, M.Pd.I dan Dr. Hj. Sulistyorini, M.Ag. Kata Kunci: Kepemimpinan Visioner, Budaya Akademik, Kinerja Guru, Efektivitas Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih ada kekurangan kualitas pemimpin dalam memberikan dorongan, semangat, arahan, dan dukungan yang diberikan kepada para guru, dan visi masih belum terlaksana dengan maksimal. Tujuan yang ingin dicapai oleh madrasah masih belum berjalan dengan sempurna, sehingga dapat menurunkan nilai serta lambatnya perkembangan terhadap kinerja guru yang ada di MAN se-Kabupaten Blitar. Hal ini ditandai dengan budaya akademik yang dibentuk belum sesuai dengan kondisi yang ada, sehingga akan berpengaruh terhadap kinerja guru dan juga efektivitas dari lembaga pendidikan. Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Adakah hubungan antara kepemimpinan visioner (X1), budaya akademik (X2), dan kinerja guru (X3) di MAN se-Kabupaten Blitar?; (2) Apakah ada hubungan X1 dengan X2 pada MAN se-Kabupaten Blitar?; (3) Apakah ada hubungan X2 dengan X3 pada MAN se-Kabupaten Blitar, (4) Apakah ada hubungan X1 dengan X3 pada MAN se-Kabupaten Blitar?; (5) Apakah ada pengaruh X1 terhadap Y pada MAN se-Kabupaten Blitar?; (6) Apakah ada pengaruh X2 terhadap Y pada MAN se-Kabupaten Blitar?; (7) Apakah ada pengaruh X3 terhadap Y pada MAN se-Kabupaten Blitar?; (8) Apakah ada pengaruh X1, X2, dan X3 secara bersama-sama terhadap Y di MAN se-Kabupaten Blitar?; (9) Apakah ada pengaruh antara X1 terhadap Y melalui X2 di MAN se-Kabupaten Blitar?; (10) Apakah ada pengaruh antara X1 terhadap Y melalui X3 di MAN se-Kabupaten Blitar?; (11) Apakah ada pengaruh antara X2 terhadap Y melalui X3 di MAN se-Kabupaten Blitar?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif ditinjau dari tingkat eksplanasinya. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian korelasi, penelitian yang bertujuan untuk mengetahui hubungan sebab akibat suatu variabel dengan variabel-variabel lain. Teknik pengumpulan data dalam tesis ini menggunakan penyebaran kuesioner tertutup terhadap 98 responden guru MAN se-kabupaten Blitar, disediakan jawabannya untuk dipilih menurut apa yang dianggap cocok dengan pendapat dan keyakinan responden. Hasil penelitian ini, menunjukkan bahwa: (1) Ada hubungan baik langsung maupun tidak langsung antara kepemimpinan visioner, budaya akademik, dan kinerja guru di MAN se-Kabupaten Blitar yang dibuktikan melalui analisis jalur dan Uji Koefisien Determinasi (R2) dengan nilai sebesar 0.711, (2) Ada hubungan kepemimpinan visioner dengan budaya akademik pada MAN se-Kabupaten Blitar, dibuktikan dari hasil uji korelasi yang menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0.000 atau kurang dari 0.05, dan angka koefisien korelasi sebesar 0.515, (3) Ada hubungan budaya akademik dengan kinerja guru pada MAN se-Kabupaten Blitar, dibuktikan dari hasil uji korelasi yang menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0.000 atau kurang dari 0.05, dan angka koefisien korelasi sebesar 0.706, (4) Ada hubungan kepemimpinan visioner dengan kinerja guru pada MAN se-Kabupaten Blitar, dibuktikan oleh hasil uji korelasi yang menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0.000 atau kurang dari 0.05, dan angka koefisien korelasi sebesar 0.671, (5) Ada pengaruh kepemimpinan visioner terhadap efektivitas MAN se-Kabupaten Blitar, dibuktikan melalui uji t yang menunjukkan nilai thitung = 2.398 > ttabel = 1.985, dan setiap perubahan nilai kepemimpinan visioner sebesar satu satuan akan mempengaruhi efektivitas sebesar 0,342. Koefisien korelasi juga bernilai positif dan uji koefisien determinasi (R2) diperoleh nilai sebesar 39.5%, (6) Ada pengaruh budaya akademik terhadap efektivitas MAN se-Kabupaten Blitar, dibuktikan melalui uji t yang menunjukkan nilai thitung = 5.629 > ttabel = 1.985, dan setiap perubahan nilai budaya akademik sebesar satu satuan, akan mempengaruhi efektivitas sebesar 1.046. Koefisien korelasi juga bernilai positif uji koefisien determinasi (R2) diperoleh nilai sebesar 60%, (7) Ada pengaruh kinerja guru terhadap efektivitas MAN se-Kabupaten Blitar, dibuktikan dari hasil persamaan regresi dimana setiap perubahan nilai kinerja guru sebesar satu satuan, maka akan mempengaruhi efektivitas sebesar 0.641. Selain itu diperoleh nilai koefisien korelasi yang bernilai positif, dan hasil uji t diperoleh nilai thitung = 4.039 > ttabel = 1.985, dan kontribusi variabel kinerja guru terhadap efektivitas sebesar 57.5%, (8) Ada pengaruh kepemimpinan visioner, budaya akademik, dan kinerja guru secara bersama-sama terhadap efektivitas di MAN se-Kabupaten Blitar, dibuktikan melalui uji F sehingga diperoleh Fhitung sebesar 77.173, dan hasil uji regresi linier berganda menunjukkan setiap peningkatan satu unit skor kepemimpinan visioner, budaya akademik, dan kinerja guru secara bersama-sama akan mempengaruhi peningkatan skor efektifitas sebesar 2,029, (9) Ada pengaruh antara kepemimpinan visioner terhadap efektivitas melalui budaya akademik di MAN se-Kabupaten Blitar, dibuktikan melalui analisis jalur atau path analysis dengan nilai sebesar 4,2 %, (10) Ada pengaruh antara kepemimpinan visioner terhadap efektivitas melalui kinerja guru di MAN se-Kabupaten Blitar, dibuktikan melalui analisis jalur dengan nilai sebesar 3,7 %, (11) Ada pengaruh antara budaya akademik terhadap efektivitas melalui kinerja guru di MAN se-Kabupaten Blitar, dibuktikan melalui analisis jalur dan diperoleh nilai sebesar 10,5 %.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Manajemen > Pendidikan Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: 12850121014 Fatati
Date Deposited: 14 Jun 2023 08:13
Last Modified: 14 Jun 2023 08:13
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/36166

Actions (login required)

View Item View Item