HUBUNGAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QURAN DAN KEGIATAN MEMBACA AL-QURAN TERHADAP KETENANGAN JIWA KELAS VIII DI SMPN 2 MOJOAGUNG JOMBANG

ROHMATUL UMMAH, 12201183493 (2023) HUBUNGAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QURAN DAN KEGIATAN MEMBACA AL-QURAN TERHADAP KETENANGAN JIWA KELAS VIII DI SMPN 2 MOJOAGUNG JOMBANG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (681kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (487kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (399kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (671kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (489kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (639kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (680kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (291kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (398kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Hubungan Kemampuan Membaca Al-Quran dan Kegiatan Membaca Al-Quran terhadap Ketenangan Jiwa Kelas VIII di SMPN 2 Mojoagung Jombang”. Ditulis oleh Rohmatul Ummah, NIM. 12201183493, Prodi Pendidikan Agama Islam (PAI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Universitas Islam Negeri (UIN) Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, pembimbing bapak Suwanto, M.S.I., NIP. 19512122018011002. Kata Kunci : Kemampuan Membaca Al-Quran, Kegiatan Membaca Al- Quran, Ketenangan Jiwa Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena bahwa kemampuan membaca Al-Quran dan kegiatan membaca Al-Quran dapat mempengaruhi ketenangan jiwa. Ketenangan jiwa sangat penting untuk dimiliki setiap individu yang mengalami ketidak stabilan emosi dalam menghadapi berbagai masalah yang sedang dihadapi. Beragam problematika tersebut sering berakibat buruk pada kesehatan mental individu yang akan berujung pada adanya depresi dan gangguan mental. Oleh karena itu, sebagai seorang muslim Al-Quran sangat dibutuhkan karena Al-Quran merupakan kalamullah yang berfungsi sebagai petunjuk, obat bagi umat manusia serta dapat memperoleh ketenangan jiwa dengan mengingat Allah SWT Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Apakah ada hubungan positif dan signifikan antara kemampuan membaca Al-Quran terhadap ketenangan jiwa kelas VIII di SMPN 2 Mojoagung Jombang?. 2) Apakah ada hubungan positif dan signifikan antara kegiatan membaca Al-Quran terhadap ketenangan jiwa kelas VIII di SMPN 2 Mojoagung Jombang?. 3) Apakah ada hubungan positif dan signifikan secara bersama-sama antara kemampuan membaca Al- Quran dan kegiatan membaca Al-Quran terhadap ketenangan jiwa kelas VIII di SMPN 2 Mojoagung Jombang?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Populasi penelitian ini adalah 223 peserta didik. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik cluster sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, angket dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: 1) Ada hubungan positif dan signifikan antara kemampuan membaca Al-Quran terhadap ketenangan jiwa kelas VIII di SMPN 2 Mojoagung Jombang. Hal ini dapat dilihat dari nilai thitung 7.830 ≥ nilai ttabel 2.000 dengan nilai signifikansi 0.00 ≤ 0.05. 2) Ada hubungan positif dan signifikan antara kegiatan membaca Al-Quran terhadap ketenangan jiwa kelas VIII di SMPN 2 Mojoagung Jombang. Hal ini dapat dilihat dari nilai thitung 8.191 ≥ nilai ttabel 2.000 dengan nilai signifikansi 0.00 ≤ 0.05. 3) Ada hubungan positif dan signifikan secara bersama-sama antara kemampuan membaca Al-Quran dan kegiatan membaca Al-Quran terhadap ketenangan jiwa kelas VIII di SMPN 2 Mojoagung Jombang. Hal ini dapat dilihat dari nilai fhitung 33.529 ≥ nilai ftabel 3,15 dengan nilai signifikansi 0.00 ≤ 0.05.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12201183176 Siti Mudalivah
Date Deposited: 08 Jun 2023 03:39
Last Modified: 08 Jun 2023 03:39
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/36170

Actions (login required)

View Item View Item