IFFAH MAWADDATUL ALIYAH, 12402183423 (2023) IMPLEMENTASI WORD OF MOUTH MARKETING (GETOK TULAR) DI ERA DIGITAL PADA PT BEJO PANUNTUN GROUP DI KABUPATEN NGANJUK. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (463kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (139kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (130kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (174kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (274kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (175kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (281kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (191kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (130kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (126kB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul “Implementasi Word of Mouth Marketing (Getok Tular) di Era Digital Pada PT Bejo Panuntun Group di Kabupaten Nganjuk” ini ditulis oleh Iffah Mawaddatul Aliyah, NIM. 12402183423, Jurusan Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, pembimbing Dr. Refki Rusyadi, M.Pd.I. Konteks penelitian Skripsi ini ingin membahas mengenai pemasaran PT Bejo Panuntun Group yang masih menerapkan pemasaran tradisional dari mulut ke mulut (word of mouth) di tengah maraknya pemasaran digital dan perkembangan teknologi yang sangat pesat, sehingga peneliti ingin mengetahui mengapa pemilik usaha masih menggunakan pemasaran word of mouth ditengah perkembangan digital dan bagaimana penerapan dari pemasaran word of mouth pada PT Bejo Panuntun Group serta manfaat dan kendala apa saja yang di rasakan. Adapun fokus penelitian ini adalah (1) Bagaimana implementasi word of mouth di era digital pada PT Bejo Panuntun Group? (2) Bagaimana manfaat dan kendala dalam penerapan word of mouth marketing di era digital? Pada penelitian ini menggunakan jenis pendekatan kualitatif deskriptif yang mendeskripsikan, menekankan pada makna dan penalaran hasil penelitian. Sumber data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini dengan mereduksi data, pemaparan data dan penarikan kesimpulan sesuai dengan fokus penelitian. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa (1) pemasaran PT Bejo Panuntun menerapkan word of mouth marketing dengan lima elemen yaitu talkers, topics, tools, talking part dan tracking. Alasan menerapkan pemasaran word of mouth di tengah pemasaran digital karena kurangnya SDM yang mampu mengelola digital marketing serta pemasaran word of mouth dinilai lebih efektif karena informasi dari mulut ke mulut lebih mudah dipercaya oleh konsumen. Word of mouth yang terjadi pada PT Bejo Panuntun Group yaitu organic word of mouth atau word of mouth yang tumbuh berdasarkan kualitas produk secara alami, serta amplified word of mouth yaitu word of mouth yang tumbuh karena kampanye promosi yang disengajakan oleh PT bejo Panuntun Group serta dengan mengiktui acara pameran. (2) Manfaat yang dirasakan dalam penerapan word of mouth yaitu informasi yang mudah tersebar dan dapat dipercaya dengan mudah. Selain itu biaya iklan dan promosi rendah. Sedangkan kendala yang dirasakan dalam penerapan word of mouth yaitu kurang efisiennya pembagian waktu pemasaran serta berita informasi yang beredar tidak dapat dikontrol oleh perusahaan.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Ekonomi > Ekonomi Syariah |
Divisions: | Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | 12402183423 Iffah Mawaddatul Aliyah |
Date Deposited: | 08 Jun 2023 08:39 |
Last Modified: | 08 Jun 2023 08:39 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/36199 |
Actions (login required)
View Item |