Mubtadiin, Nining Hidayatul (2014) Penerapan Model Pembelajaran KooperatifTipe Group Investigation Untuk Meningkatkan Hasil Belajar PKn Siswa Kelas V MI Wates Sumbergempol TulungagungTahun 2013/2014. [ Skripsi ]
|
Text
BAB 1 lembar 13 revisi.pdf Download (45kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II lembar 14-51 revisi.pdf Download (148kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III lembar 52-67 revisi.pdf Download (109kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V lembar 107 revisi.pdf Download (14kB) | Preview |
|
|
Text
13-DAFTAR RUJUKAN new.pdf Download (13kB) | Preview |
|
|
Text
abstrak neneng arab inggris.pdf Download (92kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV lembar68- 111revisi.pdf Download (89MB) | Preview |
Abstract
Kata Kunci: Model Pembelajaran Group Investigation, Hasil Belajar PKn Penelitian dalam sekripsi ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kualitas program pembelajaran dan kurang efektifnya pembelajaran yang ada di MI Wates Sumbergempol Tulungagung, sering kali disebabkan oleh sistem pembelajaran yang monoton yang dilakukan di Madrasah tersebut, sehingga dapat mengakibatkan hasil belajar siswa menurun. Dalam pembelajaran PKn ada beberapa model pembelajaran yang bisa digunakan guru untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Salah satunya yaitu dengan menggunakan model pembelajaran Group Investigation. Pembelajaran menggunakan Group Investigation ini diharapkan dapat memotivasi siswa dan menjadikan kegiatan belajar menjadi efektif, kreatif, dan menumbuhkan daya kreativitas. Rumusan masalah dalam penulisan sekripsi ini adalah: 1) Bagaimana penerapan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation pada mata pelajaran PKn materi pokok kebebasan berorganisasi pada siswa kelas V MI Wates Sumbergempol Tulungagung tahun ajaran 2013/2014? 2) Bagaimana peningkatan hasil belajar siswa dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation pada mata pelajaran PKn materi pokok kebebasan berorganisasi siswa kelas V MI Wates Sumbergempol Tulungagung Tahun Ajaran 2013/2014? Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk menjelaskan proses atau langkah-langkah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation pada mata pelajaran PKn dengan materi pokok kebebasan berorganisasi siswa kelas V MI Wates Sumbergempol Tulungagung Tahun Ajaran 2013/2014. 2) Untuk mendiskripsikan peningkatan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation pada mata pelajaran PKn dengan materi pokok kebebasan berorganisasi siswa kelas V MI Wates Sumbergempol Tulungagung Tahun Ajaran 2013/2014. Manfaat penelitian ini adalah: 1) Hasil dari penelitian ini dapat bertujuan sebagai sumbangan ilmiah untuk memperkaya khazanah ilmu pengetahuan, khususnya tentang penerapan pembelajaran kooperatif group investigation yang berkaitan dengan peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn. Selain itu juga dapat dijadikan sebagai bahan referensi untuk penelitian yang selanjutnya. 2) Secara praktis: a) Bagi Kepala Sekolah MI Wates Sumbergempol Tulungagung, hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai acuan xvii dalam menyusun program pembelajaran, dan dijadikan dasar pengambilan kebijakan dalam hal proses belajar mengajar. b) Bagi Guru MI Wates Sumbergempol Tulungagung, hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai bahan evaluasi dalam meningkatkan hasil belajar siswa dan untuk menigkatkan program kegiatan belajar mengajar dikelas yang lebih efektif. c) Bagi Siswa MI Wates Sumbergempol Tulungagung, hasil penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa MI Wates Sumbergempol Tulungagung dalam mata pelajaran PKn. d) Bagi Peneliti Lain, bagi penulis yang mengadakan penelitian sejenis, hasil penelitian dapat digunakan untuk menambah wawasan tentang meningkatkan mutu pendidikan melalui penerapan pembelajaran kooperatif tipe group investigation di sekolah. e) bagi perpustakaan IAIN Tulungagung, hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai bahan koleksi dan referensi bagi pembaca atau pengunjung perpustakaan. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK). Dalam PTK tahap penelitian terdiri atas empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Untuk mengetahui peningkatan pada waktu tindakan, dan setelah tindakan dilakukan. Dalam penelitian ini menggunakan dua siklus tindakan. Dalam penelitian ini teknik pengumpulan data menggunakan: observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Observasi digunakan untuk mengamati proses pembelajaran. Tes digunakan untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa setelah menggunakan model pembelajaran group investigation. Wawancara digunakan untuk mengetahui respons siswa terhadap pembelajaran dengan model pembelajaran group investigation. Dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan data dengan melihat laporan yang sudah tersedia termasuk foto. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran PKn dengan menggunakan model group investigation dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi kebebasan berorganisasi. Hal ini ditunjukkan dengan hasil belajar peserta didik pada tes siklus I yakni sebesar 48,85% yang sebelumnya pada pelaksanaan pre tes hanya sebesar 21,42%, dan selanjutnya pada siklus II meningkat menjadi 85,71%. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran PKn dengan penerapan model pembelajaran group investigation dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V MI Wates Sumbergempol Tulungagung.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | Endang Rifngati S.Sos |
Date Deposited: | 08 Dec 2014 07:01 |
Last Modified: | 08 Dec 2014 07:01 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/362 |
Actions (login required)
View Item |