PENGEMBANGAN LKS BERBASIS SCAFFOLDING PADA MATERI STATISTIKA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII MTs ‘ULUMUDDIN TANJUNGANOM

AINURROFIQOH ISRO'IYAH, 12204183214 (2023) PENGEMBANGAN LKS BERBASIS SCAFFOLDING PADA MATERI STATISTIKA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII MTs ‘ULUMUDDIN TANJUNGANOM. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER (1).pdf

Download (988kB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (733kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (84kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (637kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (949kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (493kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (409kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (332kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengembangan LKS Berbasis Scaffolding Pada Materi Statistika Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII MTs ‘Ulumuddin Tanjunganom” ini ditulis oleh Ainurrofiqoh Isro’iyah, NIM. 12204183214, Program Studi Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing: Dr. Muniri, M.Pd. Kata Kunci: Lembar Kerja Siswa (LKS), Scaffolding, Statistika, Hasil Belajar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya penurunan prestasi hasil belajar pelajar Indonesia saat mengikuti study PISA mata pelajaran matematika pada tahun 2015 dan 2018. Hal ini menunjukkan bahwa kemampuan pemahaman konsep dan materi para pelajar Indonesia masih sangat rendah. Salah satu faktor yang menjadi penyebab turunnya prestasi hasil belajar pelajar Indonesia yaitu: para pelajar menganggap matematika merupakan subjek yang sulit dipahami, dan membosankan. Salah satu faktor tersebut juga sesuai dengan hasil analisis kebutuhan siswa yang dilakukan peneliti sebelum melakukan penelitian. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui desain pengembangan LKS berbasis scaffolding pada materi statistika untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII MTs ‘Ulumuddin Tanjunganom, (2) Untuk mengetahui kelayakkan materi dan media pengembangan LKS berbasis scaffolding pada materi statistika untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII MTs ‘Ulumuddin Tanjunganom, (3) Untuk mengetahui respon guru dan siswa terhadap pengembangan LKS berbasis scaffolding pada materi statistika untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII MTs ‘Ulumuddin Tanjunganom, (4) Untuk mengetahui efektivitas setelah pengembangan LKS berbasis scaffolding pada materi statistika untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII MTs ‘Ulumuddin Tanjunganom. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian dan pengembangan R&D (Research and Development). Model pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE yang meliputi 5 tahapan, namun peneliti hanya menggunakan dengan 4 tahapan yaitu: (1) Analysis, (2) Design, (3) Development, dan (4) Implementation. Subjek dari penelitian ini siswa kelas VIII MTs ‘Ulumuddin Tanjunganom. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 17. Hasil dari penelitian ini yaitu produk LKS berbasis scaffolding pada materi statistika kelas VIII SMP/MTs. Hasil penilaian 2 dosen validator terhadap materi dan media yang dikembangkan oleh peneliti menunjukkan presentase nilai sebesar 82 % dan 87 % dengan kriteria sangat layak diujicobakan tanpa revisi. Hasil soal uji coba post-test yang diberikan peneliti kepada siswa kelas VIII MTs ‘Ulumuddin Tanjunganom menunjukkan bahwa penerapan produk LKS berbasis scaffolding pada materi statistika dikatakan berhasil untuk meningkatkan hasil belajar dan juga efektif dalam pembelajaran, hal ini berdasarkan pada perolehan skor rata-rata post-test siswa yaitu 81,94 ≥ KKM dan presentase ketuntasan belajar 88% ≥ 80%. Sedangkan untuk hasil angket respon guru dan siswa terhadap pengembangan LKS berbasis scaffolding menunjukkan presentase nilai sebesar 93% dan 97% dengan kriteria sangat menarik.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Hasil Belajar
Matematika
Pendidikan
Matematika > Statistika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 12204183214 Ainurrofiqoh Isro'iyah
Date Deposited: 08 Jun 2023 07:36
Last Modified: 08 Jun 2023 07:36
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/36211

Actions (login required)

View Item View Item