KONSEP KURIKULUM MERDEKA SD/MI STUDI TERHADAP MERDEKA BELAJAR DAN IMPLEMENTASINYA KEMENDIKBUD RISTEKDIKTI

JUNITA EKA NUR LAILI, 12205193288 (2023) KONSEP KURIKULUM MERDEKA SD/MI STUDI TERHADAP MERDEKA BELAJAR DAN IMPLEMENTASINYA KEMENDIKBUD RISTEKDIKTI. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (737kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (381kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (163kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (409kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (425kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (442kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (312kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (255kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (338kB) | Preview
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (103kB)

Abstract

Mengenai kebijakan pemerintah Kemendikbud dalam inovasi kurikulum “Merdeka Belajar”, belum terimplementasikan pada lembaga pendidikan seluruh Indonesia. Banyak lembaga pendidikan yang masih kurang berani menerapkan konsep dan Kurikulum Merdeka belajar. Nyatanya, banyak kepala sekolah/madrasah yang masih bingung dengan konsep Kurikulum Merdeka. Hal ini tentu membuat peneliti tertarik untuk mengkaji lebih dalam konsep Kurikulum Merdeka serta bagaimana implementasinya pada setiap SD/MI. Tujuan penelitian yang dilakukan untuk (1) mengetahui Konsep Merdeka Belajar Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah, (2) mengetahui Implementasi Kurikulum Merdeka pada Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah, (3) mengetahui Kelebihan dan Kekurangan Implementasi Kurikulum Merdeka pada Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah. Metode penelitian yang digunakan berupa Kepustakaan (Library Research) yang bersifat deskriptif. Maka penulis menggunakan beberapa sumber kepustakaan, baik sumber primer dari KEMENDIKBUD RISTEKDIKTI maupun sumber sekunder yang relevan dengan sumber primer. Teknis pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi berupa tulisan, biografi dan lain sebagainya. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Sedangkan teknik analisis data menggunakan metode deduktif dan metode induktif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa, (1) konsep Kurikulum Merdeka SD/MI yaitu konsep umum: penghapusan UN menjadi AKM pada tingkat SD/MI, konsep survei karakter, penilaian Hasil belajar diperluas serta meningkatkan inovasi siswa dan pemerataan pendidikan pada daerah 3T. Sedangkan dalam konsep praktis yaitu, peran guru dalam Kurikulum Merdeka SD/MI dalam implementasi, struktur Kurikulum Merdeka SD/MI, konsep bahan ajar dalam Kurikulum Merdeka SD/MI, serta Sarana dan Prasarana Kurikulum Merdeka tingkat SD/MI, (2) Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka terdapat 3 pilihan Jalur Mandiri yakni Mandiri Belajar, mandiri berubah, dan Mandiri Berbagi. Implementasi Kurikulum Merdeka pada SD/MI dibagi 3 proses yaitu perencanaan: modul ajar sebagai panduan dalam pembelajaran serta persiapan guru penggerak, pelaksanaan: pembelajaran Intrakurikuler dan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, serta evaluasi:difokuskan pada evaluasi guru dalam persiapan modul ajar, (3) dalam implementasinya pasti terdapat kekurangan belum matangnya persiapan baik guru maupun siswa dalam implementasinya. Sedangkan kelebihannya menciptakan pembelajaran merdeka bagi guru maupun siswa dan menciptakan SDM unggul. Sehingga disarankan untuk sering mengikuti sosialisasi implementasi dalam Kurikulum Merdeka dan menciptakan gerakan Kurikulum Merdeka dalam sekolah agar implementasi Kurikulum Merdeka menjadi efektif dan bermakna. Kata Kunci: Konsep, Implementasi, Kurikulum Merdeka, Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Kurikulum
Pendidikan > Pembelajaran
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan > Pendidikan Umum
Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: Mahasiswa 12205193288 Junita Eka Nur Laili
Date Deposited: 14 Jun 2023 03:16
Last Modified: 14 Jun 2023 03:16
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/36224

Actions (login required)

View Item View Item