PROFIL KEMAMPUAN TECHNOLOGICAL PEDAGOGICAL AND CONTENT KNOWLEDGE (TPACK) GURU MATEMATIKA MTS MA’ARIF NU BLITAR PADA MATERI DERET ARITMATIKA

MUHAMAD NUR EKO JUNAIDI, 128512203026 (2023) PROFIL KEMAMPUAN TECHNOLOGICAL PEDAGOGICAL AND CONTENT KNOWLEDGE (TPACK) GURU MATEMATIKA MTS MA’ARIF NU BLITAR PADA MATERI DERET ARITMATIKA. [ Thesis ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (817kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (282kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (146kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf

Download (307kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (636kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (403kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (264kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (94kB)

Abstract

ABSTRAK Tesis dengan judul “Profil Kemampuan Technological Pedagogical And Content Knowledge (TPACK) Guru Matematika MTs Ma’arif NU Kabupaten Blitar Pada Materi Deret Aritmatika” ditulis oleh Muhamad Nur Eko Junaidi, NIM. 128512203026, pembimbing Dr. Maryono, M.Pd. dan Dr. Ummu Sholihah, M. Si. Kata kunci: Kemampuan TPACK, Teknologi, Guru, Sertifikasi, Deret Aritmatika. Penelitian dalam tesis ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena yang terjadi di lapangan bahwa kemampuan TPACK yang dimiliki guru sangat beragam, baik guru yang belum sertifikasi atau guru yang sudah sertifikasi. Hal ini di dukung oleh perkembangan teknologi yang semakin pesat. Disisi lain degan perkembangan teknologi yang pesat maka pembelajaran matematika juga dapat dikolaborasi dengan teknologi. Untuk mengukur kemampuan TPACK dapat menggunakan angket, observasi lapangan yang berisi 7 variabel TPACK. Dengan demikian berdasar pada permasalahan tersebut peneliti bermaksud mengamati kemampuan TPACK guru yang belum sertifikasi dan guru yang sudah sertifikasi. Tujuan penelitian ini antara lain: untuk mendeskripsikan kemampuan TPACK guru yang belum sertifikasi dan yang sudah sertifikasi dalam pembelajaran matematika pada materi deret aritmarika, mendeskripsikan perbedaan kemampuan TPACK guru yang belum sertifikasi dan yang sudah sertifikasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yang digunkan adalah study multisitus. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru MTs Ma’arif Nu Kabupaten Blitar. Subjek penelitian diambil 4 guru yaitu: 2 guru yang belum seertifikasi dan 2 guru yang sudah sertifikasi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket, dan wawancara. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa guru yang belum sertifikasi memiliki kemampuan TPACK yang sangat baik. Kemampuan dalam menggunakan teknologi dari guru yang belum sertifikasi adalah sangat baik. Aplikasi yang disebutkan oleh guru yang belum sertifikasi sangat beragam meliputi SPSS, Ms.team, google class, exambro, worksheet. (2) Kemampuan TPACK guru yang sudah sertifikasi adalah cukup. Kemampuan menggunakan teknologi guru yang sudah sertifikasi adalah rendah, karena guru hanya menggunakan teknologi komputer untuk mengerjakan tugas-tugas sekolah. Aplikasi pembelajaran yang disebutkan oleh guru yang sudah sertifikasi hanya ms.word, ms.excel, ppt. Dalam pembelajaran matematika subjek guru yang sudah sertifikasi lebih menenkankan pada reward and punishmant. Kemampuan TPACK guru yang belum sertifikasi adalah sangat baik. Guru yang belum sertifikasi memenuhi ke-7 indikator TPACK Sedangkan guru yang sudah sertifikasi memiliki kemampuan TPACK yang cukup. Guru yang sudah sertifikasi memenuhi 4 indikator dari 7 indikator TPACK.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Pendidikan
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Tadris Matematika
Depositing User: 128512203026 MUHAMAD NUR EKO JUNAIDI
Date Deposited: 09 Jun 2023 07:31
Last Modified: 09 Jun 2023 07:31
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/36235

Actions (login required)

View Item View Item