KHOLIFATUL KHASANAH, 2811123120 (2016) PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN VISUAL DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMPN 3 KEDUNGWARU TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2015/2016. [ Skripsi ]
|
Text
sampul.pdf Download (210kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (310kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (492kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (254kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (214kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (182kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (91kB) | Preview |
|
|
Text
daftar pustaka.pdf Download (179kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Penggunaan Media Pembelajaran Visual dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 3 Kedungwaru Tulungagung tahun ajaran 2015/2016”. Ini ditulis oleh Kholifatul Khasanah, dibimbing oleh ibu Annisatul Mufarokah, M.Pd. Kata kunci : Media pembelajaran Visual, Motivasi Belajar Penelitian dalam skripsi ini di latar belakangi oleh suatu fenomena bahwa pentingnya peran guru dalam menumbuhkan motivasi belajar siswa terutama terhadap mata pelajaran pendidikan agama Islam (PAI). Dalam hal belajar, motivasi adalah faktor yang praktis peranannya dalam menumbuhkan gairah belajar, merasa senang dan semangat untuk belajar, dalam belajar harus diberi motivasi dengan berbagai cara sehingga minat yang dipentingkan dalam belajar itu dibangun dari minat yang telah ada pada peserta didik. Penelitian ini mendiskripsikan tentang penggunaan media visual dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah, Bagaimana penggunaan media visual slide, gambar, dan karikatur dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 3 Kedungwaru Tulungagung. Skripsi ini bermanfaat bagi kepala sekolah SMP Negeri 3 Kedungwaru Tulungagung, sebagai acuan agar fasilitas yang menunjang proses pembelajaran dapat lebih diperhatikan demi kelangsungan kegiatan proses belajar mengajar, bagi para guru SMP Negeri 3 Kedungwaru Tulungagung, sebagai bahan instropeksi diri sebagai individu yang mempunyai kewajiban mencerdaskan peserta didik agar lebih memberikan motivasi kepada siswa dalam memksimalkan proses belajar mengajar. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu : (1) Wawancara (2) Observasi, dan (3) Dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah Milles dan Hubermen yang terdiri dari : (1) Reduksi data (2) Penyajian data, dan (3) Verifikasi atau penarikan kesimpulan. Adapun teknik pengecekankan keabsahan data yang digunakan yaitu : (1) Perpanjang Pengamatan (2) Meningkatkan ketekunan dan (3) Triangulasi yaitu Triangulasi metode dan Triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Penggunaan media pembelajaran visual slide dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 3 Kedungwaru, yaitu seorang guru harus harus mampu menggunakan alat media pembelajaran, menyesuaikan media dengan materi, memilih gambar sesuai dengan materi, dan membuat RPP yang akan disampaikan dalam kegiatan belajar mengajar. (2) Penggunaan media pembelajaran visual seperti slide dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di SMP Negeri 3 Kedungwaru Tulungagung. Yaitu, visual gambar digunakan untuk menekankan informasi sasaran (yang terdapat teks), mengulangi sajian visual dan melibatkan siswa untuk meningkatkan daya ingat, Unsur-unsur pesan dalam visual harus itu harus ditinjolkan dan dengan mudah dibedakan dari unsur-unsur latar belakang untuk mempermudahp pengolahan informasi, pemberian warna yang menarik untuk mengarahkan perhatian siswa. (3) Penggunaan media pembelajaran visual karikatur dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 3 Kedungwaru yaitu,: guru harus menyesuaikan materi dengan media visual karikatur yang akan digunakan, penguasaan materi oleh guru sehingga dapat menjelaskan media visual karikatur agar siswa dapat memperoleh pengalaman yang kongkrit serta faktor-faktor yang dapat mendukung untuk memotivasi belajar siswa, kriteria dan teknis penggunaan media pembelajaran juga hal harus diperhatikan, seperti halnya materi taat kepada orang tua bisa di ilustrasikan dengan gambar karikatur.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 2811123120 KHOLIFATUL KHASANAH |
Date Deposited: | 26 Aug 2016 07:14 |
Last Modified: | 26 Aug 2016 07:14 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/3624 |
Actions (login required)
View Item |