PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PESERTADIDIK KELAS IV SDN 03 KEBONAGUNG WONODADI BLITAR

SITI KHOIRUN NI’MAH, 2817123150 (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PESERTADIDIK KELAS IV SDN 03 KEBONAGUNG WONODADI BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (336kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I KHOIR.pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II KHOIR.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III KHOIR.pdf

Download (225kB) | Preview
[img] Text
BAB IV KHOIR.pdf

Download (589kB)
[img]
Preview
Text
BAB V KHOIR.pdf

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (133kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skipsi dengan judul “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematia Peserta Didik Kelas IV SDN 03 Kebonagung Wonodadi Blitar ini ditulis oleh Siti Khoirun Ni’mah, NIM. 2817123150, Jurusan PGMI Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Tulungagung, dibimbing oleh Dr.Agus Purwowidodo,M.Pd. Kata Kunci: Model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw, prestasi belajar, matematika. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kondisi pembelajaran Matematika kelas IV di SDN 03 Kebonagung Wonodadi Blitar yang prestasi belajar peserta didik masih relatif rendah. Dalam hal ini peneliti berusaha mengatasi permasalahan tersebut melalui penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Penggunaan model kooperatif tipe jigsaw dalam proses pembelajaran diharap dapat membantu pemahaman peserta didik dalam mata pelajaran Matematika, sehingga pestasi belajar peserta didik dapat meningkat. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana peningkatan kerja sama peserta didik melalui model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada mata pelajaran Matematika materi bilangan pecahan pada kelas IV SDN 03 Kebonagung Wonodadi Blitar? (2) Bagaimana peningkatan keaktifan peserta didik melalui model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada mata pelajaran Matematika materi bilangan pecahan pada kelas IV SDN 03 Kebonagung Wonodadi Blitar? (3) Bagaimana peningkatan prestasi belajar peserta didik melalui model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada mata pelajaran Matematika materi bilangan pecahan pada kelas IV SDN 03 Kebonagung Wonodadi Blitar? Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk meningkatkan keaktifan peserta didik dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw mata pelajaran Matematika materi bilangan pecahan pada kelas IV SDN 03 Kebonagung Wonodadi Blitar (2) Untuk meningkatkan keaktifan peserta didik dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw mata pelajaran Matematika materi bilangan pecahan pada kelas IV SDN 03 Kebonagung Wonodadi Blitar (3) Untuk meningkatkan prestasi belajar peserta didik dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw mata pelajaran Matematika materi bilangan pecahan pada kelas IV SDN 03 Kebonagung Wonodadi Blitar Penelitian ini menggunakan Penilitian Tindakan Kelas (Class Action Research) sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SDN 03 Kebonagung Wonodadi Blitar. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data antara lain tes, observasi, wawancara, catatan lapangan dan dokumentasi. Tes yang digunakan untuk memperoleh data tentang prestasi belajar Matematika peserta didik kelas IV SDN 03 Kebonagung Wonodadi Blitar. Sedangkan metode observasi, wawancara dan catatan lapangan digunakan untuk menggali data tentang proses pembelajaran Matematika, respon peserta didik, keadaan guru dan peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan keaktifan, kerjasama, dan prestasi belajar Matematika. Hal ini dapat dibuktikan dengan persentase pengamatan keaktifan belajar peserta didik yang mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II yaitu 52,27% meningkat menjadi 86,36% dengan kategori baik. Peningkatan kerjasama dapat dilihat dari nilai rata-rata kelompok siklus I 67.5 menjadi 78,75 pada siklus II selain itu ketuntasan kelompok pada siklus I 50% menjadi 75% pada siklus II. Peningkatan prestasi belajar peserta didik dari pre test ke siklus I dan siklus II yaitu nilai rata-rata hasil pre test 49 (20%) meningkat pada siklus I menjadi 59 (53,33%) dan meningkat kembali pada siklus II menjadi 81,33 (80%). Berdasarkan paparan data, temuan penelitian, dan pembahasan yang telah diuraikan, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan prestasi belajar Matematika peserta didik kelas IV SDN 03 Kebonagung Wonodadi Blitar.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 2817123150 SITI KHOIRUN NI’MAH
Date Deposited: 19 Aug 2016 06:27
Last Modified: 19 Aug 2016 06:27
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/3625

Actions (login required)

View Item View Item