IMPLEMENTASI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS KURIKULUM INTERNASIONAL DALAM MENINGKATKAN KARAKTER RELIGIUS SISWA (Studi Kasus Di Madrasah Tsanawiyah Bilingual Sidoarjo)

HUDA RUIS AFDAU, 12850621023 (2023) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS KURIKULUM INTERNASIONAL DALAM MENINGKATKAN KARAKTER RELIGIUS SISWA (Studi Kasus Di Madrasah Tsanawiyah Bilingual Sidoarjo). [ Thesis ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (937kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (652kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (439kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (468kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (526kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (399kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (649kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (378kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (227kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (443kB) | Preview

Abstract

Tesis dengan judul “Implementasi Pendidikan Agama Islam Berbasis Kurikulum Internasional Dalam Meningkatkan Karakter Religius Siswa (Studi Kasus Di Madrasah Tsanawiyah Bilingual Sidoarjo)” ini ditulis oleh Huda Ruis Afdau, dengan Promotor Dr. Agus Purwowidodo, M.Pd. dan Dr. Hj. Sulistyorini, M.Ag Kata Kunci: Implementasi, Pendidikan Agama Islam, Karakter Religius Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perkembangan teknologi yang harus di dukung oleh kualitas pendidikan. Salah satu upaya untuk penguatan pendidikan adalah meningkatkan kurikulum pendidikan berbasis teknologi dan bilingual dalam proses pembelajaran. Keunggulan implementasi kurikulum Internasional pada Pendidikan Agama Islam adalah meningkatkan karakter religius siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana lankah-langkah Implementasi Pendidikan Agama Islam berbasis kurikulum Internasional dalam meningkatkan Karakter Religius siswa di Madrasah Tsanawiyah Bilingual Sidoarjo?, 2) Bagaimana hasil Implementasi Pendidikan Agama Islam berbasis kurikulum Internasional dalam meningkatkan Karakter Religius siswa di Madrasah Tsanawiyah Bilingual Sidoarjo? 3) Bagaimana tindak lanjut Implementasi Pendidikan Agama Islam berbasis kurikulum Internasional dalam meningkatkan Karakter Religius siswa di Madrasah Tsanawiyah Bilingual Sidoarjo? Metode Penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Jenis penelitian ini menggunakan studi kasus, pengumpulan data observasi, dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis data yaitu kondensasi, penyajian, dan kesimpulan. Untuk mengecek keabsahan dari penelitian peneliti menggunakan triangulasi sumber, triangulasi teknik dan triangulasi waktu. Hasil penelitian ini, menunjukkan bahwa: 1) langkah implementasi kurikulum internsional yang diterapkan di Madrasah Tsanawiyah Bilingual Sidoarjo mencakup tiga aspek yakni: penyesuaikan kemampuan psikis dan fisik peserta didik dan ketrampilan siswa dengan bahan, menyiapkan tenaga pendidik professional, dan penyusunan perangkat pembelajaran sesuai kurikulum internasional. 2) Hasil penerapan kurikulum Internasional memiliki dampak positif berupa: kemamuan berbahasa inggris, akidah, akhlak, dan pengetahuan agama islam yang lebih unggul dibandingkan siswa siswi SMP lainnya, peserta didik mampu berfikir lebih lebih kreatif, Pendidikan Agama Islam menjadi benteng bagi siswa-siswi Madrasah Tsanawiyah Bilingual Sidoarjo dalam bersaing di kancah Internasional. 3) Tindak lanjut kurikulum internasional yakni: penggunaan proporsi bahasa inggris lebih banyak disbanding bahasa nasional, penerapan pembelajaran digital dan problem excelening, membuat buku serta soal sendiri dalam bahan ajar, dan penggabungan pelajaran ASWAJA dan SKI.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Pendidikan > Kurikulum
Pendidikan > Pendidikan Karakter
Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 17201153131 HUDA RUIS AFDAU
Date Deposited: 12 Jun 2023 02:35
Last Modified: 12 Jun 2023 02:35
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/36256

Actions (login required)

View Item View Item