PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSITED INDIVIDUALIZATION (TAI) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PESERTA DIDIK KELAS IV SDN II BANGOAN KEDUNGWARU TULUNGAGUNG

CHUSNUL ABRIANTO, 2817123030 (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSITED INDIVIDUALIZATION (TAI) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PESERTA DIDIK KELAS IV SDN II BANGOAN KEDUNGWARU TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
SAMPUL.pdf

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I BRIAN REVISI TERBARU.pdf

Download (144kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II BRIAN REVISI TERBARU.pdf

Download (435kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III BRIAN REVISI TERBARU.pdf

Download (234kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV BRIAN TERBARU.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V BRIAN TERBARU.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Rujukan BRIAN TERBARU.pdf

Download (150kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assited Individualization untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Peserta Didik Kelas IV SDN II Bangoan Kedungwaru Tulungagung ini ditulis oleh Chusnul Abrianto, NIM. 2817123030, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Tulungagung, dibimbing oleh Fathul Mujib M.Ag. Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assited Individualization, Hasil Belajar. Penelitian skripsi ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik kelas IV SDN II Bangoan Kedungwaru Tulungagung dalam mata pelajaran IPA. Hal ini disebabkan karena dalam menyampaikan materi pembelajaran, guru masih menggunakan metode pembelajaran konvensional, seperti ceramah dan pemberian tugas. Sehingga peserta didik kurang aktif dalam mengikuti proses pembelajaran dan mengakhibatkan hasil belajar peserta didik rendah. Untuk mengatasi hal tersebut, maka upaya yang dilakukan oleh peneliti untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IV SDN II Bangoan Kedungwaru Tulungagung adalah dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe team assited individualization pada mata pelajaran IPA pokok bahasan energi alternatif. Karena model pembelajaran kooperatif tipe team assited individualization merupakan model pembelajaran yang dapat mendorong peserta didik untuk aktif dan saling membantu dalam menguasai pelajaran untuk mencapai hasil belajar yang maksimal. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assited Individualization dalam mata pelajaran IPA materi Energi Alternatif peserta didik kelas IV SDN II Bangoan Kedungwaru Tulungagung? (2) Bagaimana penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assited Individualization dalam meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran IPA materi energi altenatif peserta didik kelas IV SDN II Bangoan Kedungwaru Tulungagung? Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe team assited individualization dalam mata pelajaran IPA materi energi alternatif peserta didik kelas IV SDN II Bangoan Kedungwaru Tulungagung. (2) Untuk mendeskripsikan prestasi belajar yang diperoleh peserta didik dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe team assited individualization dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPA materi energi alternatif kelas IV SDN II Bangoan Kedungwaru Tulungagung. Penelitian ini menggunakan Penilitian Tindakan Kelas (Class Action Research) sebanyak satu siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SDN II Bangoan Kedungwaru Tulungagung. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data antara lain observasi, tes, wawancara, dokumentasi dan catatan lapangan. Tes yang digunakan untuk memperoleh data tentang prestasi belajar IPA peserta didik kelas IV SDN II Bangoan Kedungwaru Tulungagung. Sedangkan metode observasi, wawancara dan catatan lapangan digunakan untuk menggali data tentang proses pembelajaran IPA, respon peserta didik, keadaan guru dan peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe team assited individualization dapat diterapkan, dan menigkatkan hasil belajar IPA. Hal ini dapat dibuktikan pada peningkatan hasil belajar peserta didik yang semula nilai rata-rata peserta didik 57,43 (pre test) meningkat sebanyak 18.21 menjadi 82.05 (Post Test). Selain itu peningkatan hasil belajar peserta didik juga dapat dilihat dari ketuntasan belajar peserta didik. Hal ini terbukti dari hasil pre test, dari 39 peserta didik yang mengikuti tes, hanya 19 peserta didik atau 48,71% yang tuntas belajar. Kemudian meningkat pada post test siklus I. Dari 39 peserta didik yang mengikuti tes, peserta didik yang mencapai ketuntasan belajar sebanyak 32 peserta didik atau 82,05%. Berdasarkan paparan data, temuan penelitian, dan pembahasan yang telah diuraikan, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan prestasi belajar IPA peserta didik kelas IV SDN II Bangoan Kedungwaru Tulungagung.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 2817123030 CHUSNUL ABRIANTO
Date Deposited: 19 Aug 2016 06:33
Last Modified: 19 Aug 2016 06:33
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/3626

Actions (login required)

View Item View Item