PERAN GURU DALAM MEMBINA KECERDASAN SPIRITUAL SISWA MI JATI SALAM GOMBANG PAKEL KABUPATEN TULUNGAGUNG

AMELIA ROSYIDAH, 12205173209 (2023) PERAN GURU DALAM MEMBINA KECERDASAN SPIRITUAL SISWA MI JATI SALAM GOMBANG PAKEL KABUPATEN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (816kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (371kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (168kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (656kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (536kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (321kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (622kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (203kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (306kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (411kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Peran Guru Dalam Membina Kecerdasan Spiritual Siswa MI Jati Salam Gombang Pakel Kabupaten Tulungagung” ini ditulis oleh Amelia Rosyidah, NIM. 12205173209, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Universitas Islam Negeri (UIN) Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Dosen Pembimbing: Ali Amirul Mu'minin, M. Pd. Kata Kunci: Peran Guru, Membina, Kecerdasan Spiritual Penelitian ini di latar belakangi oleh kurangnya kesadaran orang tua tentang pentingnya pendidikan spiritual bagi anak usia sekolah dasar. Karena banyak sekali anak yang berusia terbilang masih kecil sudah melanggar norma-norma sosial dan tidak sedikit juga anak usia dini yang sudah melakukan berbagai jenis pelanggaran moral. Problematika itu semua disebabkan karena anak tersebut tidak mendapatkan pendidikan spiritual sejak dini, sehingga mereka akan dengan bebas melakukan hal-hal yang melanggar norma-norma kehidupan bermasyarakat. Pendidikan spiritual dari seorang guru di sekolah memiliki peran yang sangat penting untuk membangun dan melahirkan masyarakat Indonesia bisa menjadi lebih baik dengan berlandaskan kepada keimanan serta ketaqwaan kepada Allah SWT. Fokus Penelitian dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan peran guru sebagai motivator dalam membina kecerdasan spiritual siswa MI Jati Salam Gombang Pakel Kabupaten Tulungagung. 2) Untuk mendeskripsikan peran guru sebagai Fasilitator dalam membina kecerdasan spiritual siswa MI Jati Salam Gombang Pakel Kabupaten Tulungagung. 3) Untuk mendeskripsikan Peran guru sebagai Evaluator dalam membina kecerdasan spiritual siswa MI Jati Salam Gombang Pakel Kabupaten Tulungagung. Metode penelitian yang digunakan dalam penulisan skripsi ini adalah penelitian kualitatif dengan jenis deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Keabsahan data dilakukan dengan metode triangulasi. Analisis data menggunakan empat tahapan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Peran guru di MI Jati Salam sebagai motivator dalam membina kecerdasan spiritual siswa dilaksanakan dengan memberikan motivasi atau teladan yang baik kepada siswa. 2) Peran guru di MI Jati Salam sebagai fasilitator dalam membina kecerdasan spiritual siswa dilaksanakan dengan cara guru dengan melakukan kegiatan keagamaan bersama siswa di kelas seperti melakukan sholat berjamaah di mushola sekolah. Memberikan metode pembelajaran diskusi agar para siswa memiliki peran aktif dalam berjalannya belajar di sekolah. 3) Peran guru di MI Jati Salam sebagai sebagai evaluator dalam membina kecerdasan spiritual siswa telah dilaksanakan dengan baik. Hal ini diperjelas dengan adanya pengadaan evaluasi pembelajaran yang dilakukan oleh para guru dengan siswa serta evaluasi pembelajaran dengan wali siswa.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Guru
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 12205173209 AMELIA ROSYIDAH
Date Deposited: 13 Jun 2023 02:38
Last Modified: 13 Jun 2023 02:38
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/36335

Actions (login required)

View Item View Item