PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ANIMASI PADA MATERI MANUSIA PURBA KELAS VII MTs ASWAJA TUNGGANGRI

FAIZATUL KHUMAIROQ, 12209183062 (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ANIMASI PADA MATERI MANUSIA PURBA KELAS VII MTs ASWAJA TUNGGANGRI. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (643kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (16kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (119kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (641kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (429kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (133kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (218kB)

Abstract

Pengembangan, Media Pembelajaran, Video Animasi Penelitian ini dilatar belakangi dengan mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial dengan materi manusia purba harus di inovasikan media pembelajarannya. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan oleh peneliti yakni banyak peserta didik yang kurang tertarik dengan materi manusia purba, materi sejarah manusia purba perlu dikembangkan karena minimnya media belajar seperti diorama manusia purba dan media gambar membuat siswa diharuskan untuk berimajinasi ketika guru menjelaskan. Internet sudah bisa diakses dan materi dimasukkan dalam media power point tetapi kurangnya kreatifitas dan inovasi guru terhadap pembuatan media. Peneliti mencoba untuk membuat media yang sesuai dengan buku ditambah data, fakta terbaru termasuk informasi menarik tentang manusia purba yang bisa memotivasi siswa agar lebih senang dalam belajar dan tentunya diharapkan pada peningkatan pemahaman dan hasil belajar setelah guru menjelaskan pembelajaran dengan media animasi yang dibuat oleh peneliti. Rumusan masalah pada penulisan skripsi ini terdiri dari 1) Bagaimana pengembangan media animasi pada pembelajaran IPS materi manusia purba kelas VII MTs Aswaja Tunggangri? 2) Bagaimana kevalidan dan dampak pembelajaran menggunakan media animasi pada materi manusia purba kelas VII MTs Aswaja Tunggangri?. Pada penelitian ini ditunjukkan pada pengembangan media pembelajaran video animasi materi manusia purba. Pengembangan atau R&D mengolah data dengan teknik data primer dan hasil observasi pre-test dan post-test data sekunder berasal dari ahli media, ahli materi dan guru IPS di sekolah. Jumlah responden pada penelitian ini sebanyak 10 responden untuk teman sejawat, 10 siswa skala kecil dan 15 siswa kelas VII untuk skala lapangan. Analisis data yang digunakan menggunakan skala linkert dari masing-masing validator sebesar 70%, 97,1% dan 84,2% dari keseluruhan dapat dikriteriakan valid. Hasil regresi dari kuis memperoleh nilai signifikan 0,000 ≤ 0,05 yang menyatakan bahwa data tersebut dapat diterima dan valid.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Bahan Ajar
Covid-19
Ilmu Pengetahuan Sosial
Media Sosial
Pendidikan
Ilmu Pengetahuan Sosial > Sejarah
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris IPS
Depositing User: 12209183062 Faizatul Khumairoq
Date Deposited: 14 Jun 2023 01:27
Last Modified: 14 Jun 2023 01:27
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/36354

Actions (login required)

View Item View Item