PENGARUH RELIGIUSITAS TERHADAP PRODUKTIVITAS GURU DENGAN WORKPLACE SPIRITUALITY SEBAGAI VARIABEL MODERATOR (Study Of Explanatory Mixed Method di MTs Se Kabupaten Tulungagung)

ASFI DEA RATU BIUTY MAHERA, 12850621007 (2023) PENGARUH RELIGIUSITAS TERHADAP PRODUKTIVITAS GURU DENGAN WORKPLACE SPIRITUALITY SEBAGAI VARIABEL MODERATOR (Study Of Explanatory Mixed Method di MTs Se Kabupaten Tulungagung). [ Thesis ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (422kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (450kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (447kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (528kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (547kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (491kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (203kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (432kB) | Preview

Abstract

Tesis dengan judul “Pengaruh Religiusitas terhadap Produktivitas Guru dengan Workplace Spirituality sebagai Variabel Moderator (Study Of Explanatory Mixed Method di MTs Se Kabupaten Tulungagung)” ini ditulis oleh Asfi Dea Ratu Biuty Mahera, dengan pembimbing Dr. Agus Zaenul Fitri, M.Pd dan Prof. Dr. Abad Badruzaman, L.c., M.Ag. Kata Kunci: Religiusitas, Produktivitas Guru, Workplace Spirituality Latar belakang dari penelitian tesis ini adalah ditemukan bahwa banyak dari guru yang tidak dapat menampilkan produktivitas yang tinggi dalam menjalani profesinya ditunjukkan dari keterlambatan dalam hal kelengkapan perangkat pembelajaran dan jarang mengadakan media pembelajaran terutama dari IT untuk mendukung kegiatan belajar mengajar. Peneliti kemudian mengaitkannya dengan religiusitas, apakah memberikan pengaruh dalam meningkatkan produktivitas guru. Selanjutnya terdapat variabel moderator workplace spirituality yang mengungkapkan adakah pengaruh dari religiusitas menjadi lebih kuat atau lebih lemah terhadap produktivitas guru jika melalui perantara workplace spirituality. Rumusan masalah penelitian tesis ini adalah: (1) Adakah pengaruh religiusitas terhadap produktivitas guru di MTs se kabupaten Tulungagung? (2) Adakah pengaruh religiusitas terhadap workplace spirituality di MTs se kabupaten Tulungagung? (3) Adakah pengaruh religiusitas terhadap produktivitas guru dengan workplace spirituality sebagai variabel moderator di MTs se kabupaten Tulungagung? (4) Adakah pengaruh religiusitas dan workplace spirituality terhadap produktivitas guru di MTs se kabupaten Tulungagung? (5) Bagaimanakah potret ketaatan guru atas agama yang diyakininya dan hubungannya dengan produktivitas guru di tempat kerja di MTs se-Kabupaten Tulungagung? (6) Bagaimanakah gambaran ketaatan guru atas agama yang diyakinya yang berpengaruh terhadap kebermaknaan hidup selama berada di tempat kerja di MTs se-Kabupaten Tulungagung? (7) Bagaimanakah gambaran rasa bermakna dalam hidup oleh guru selama berada di tempat kerja dan pengaruhnya terhadap produktivitas guru di tempat kerja di MTs se-Kabupaten Tulungagung? Metode yang digunakan untuk menjawab rumusan masalah dalam penelitian ini adalah mixed method explanatory sequential, yakni metode gabungan antara kuantitatif dan kualitatif. Penelitian ini menerapkan metode dengan dua tahap, tahap pertama menggunakan metode kuantitatif dan tahap kedua menggunakan metode kualitatif untuk memperdalam hasil temuan metode sebelumnya. Interpretasi dan temuan penelitian dari dua metode kemudian digabungkan untuk dianalisis secara simultan. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) Ada pengaruh yang positif dari pengaruh religiusitas terhadap produktivitas guru sebesar 25%. (2) Ada pengaruh yang positif dari pengaruh religiusitas terhadap workplace spirituality sebesar 9%. (3) Tidak ada pengaruh yang positif dan signifikan dari pengaruh religiusitas terhadap produktivitas guru dengan workplace spirituality sebagai variabel moderator, karena variabel workplace spirituality tidak cocok sebagai variabel moderator dengan nilai signifikansi 0,092 > 0,005. (4) Ada pengaruh yang positif dari pengaruh religiusitas dan workplace spirituality terhadap produktivitas guru sebesar 28,4%. (5) Potret ketaatan guru atas agama yang diyakininya dan hubungannya dengan produktivitas guru di tempat kerja di MTs se-Kabupaten Tulungagung adalah meyakini adanya nilai ibadah dan pahala, memiliki sikap disiplin tepat waktu, memiliki rasa syukur, menganggap madrasah sebagai ladang berdakwah dan merasa bahwa pekerjaan adalah amanah dari Allah swt. (6) Gambaran ketaatan guru atas agama yang diyakinya yang berpengaruh terhadap kebermaknaan hidup selama berada di tempat kerja di MTs se-Kabupaten Tulungagung adalah menganggap pekerjaan sebagai amanah dari Allah swt yang ketika menjalaninya membuahkan ketenangan dan kebermaknaan hidup, bekerja dengan penuh syukur melahirkan keterikatan dengan sesama rekan kerja dan kebiasaan berprasangka baik menjadikan seorang yang religius lebih mudah terhubung dengan sesama rekan kerja. (7) Gambaran rasa bermakna dalam hidup oleh guru selama berada di tempat kerja dan pengaruhnya terhadap produktivitas guru di tempat kerja di MTs se-Kabupaten Tulungagung adalah adanya rasa mendapatkan nilai kemanfaatan yang besar ketika berada di tempat kerja, adanya rasa keterikatan dengan bapak ibu guru yang lain, adanya perasaan bermakna selama menjalani profesi sebagai guru dan adanya rasa keselarasan antara nilai yang ditetapkan madrasah dengan nilai yang diyakini individu.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Agama
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Asfi Dea
Date Deposited: 14 Jun 2023 08:40
Last Modified: 14 Jun 2023 08:40
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/36364

Actions (login required)

View Item View Item