MANAJEMEN PEMBIAYAAN BERBASIS APLIKASI KEUANGAN ARKAS DALAM MENINGKATKAN MUTU LAYANAN PENDIDIKAN (Studi Multisitus di SMP Islamic International School PSM Kediri dan SMP Queen Al Falah Ploso Kediri)

ROSA FAMILA, 12850121032 (2023) MANAJEMEN PEMBIAYAAN BERBASIS APLIKASI KEUANGAN ARKAS DALAM MENINGKATKAN MUTU LAYANAN PENDIDIKAN (Studi Multisitus di SMP Islamic International School PSM Kediri dan SMP Queen Al Falah Ploso Kediri). [ Thesis ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (784kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (451kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (499kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (852kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (414kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (360kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (304kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (319kB) | Preview

Abstract

Tesis dengan judul “Manajemen Pembiayaan Berbasis Aplikasi Keuangan ARKAS dalam Meningkatkan Mutu Layanan Pendidikan” ini ditulis oleh Rosa Famila dengan Promotor Prof. Dr. Hj. Binti Maunah, M. Pd.I dan Dr. Hj. Sulistyorini, M. Ag. Kata Kunci : Manajemen Pembiayaan, Aplikasi Keuangan, Mutu Layanan Pendidikan. Penelitian ini didasari oleh adanya permasalahan yang ditemukan dalam lembaga pendidikan khususnya sekolah. Hal tersebut dapat menghambat peningkatan kualitas dari sekolah tersebut. Terdapat masalah besar didalam penyelenggaraan pendidikan sekolah di Indonesia seperti tata kelola Sekolah yang masih manual, dan kelemahan pada bidang sistem informasi. Maka berdasarkan dari fenomena ini, peneliti ingin mengkaji secara mendalam untuk dapat mengoptimalkan aplikasi keuangan dalam manajemen pembiayaan di lembaga pendidikan sehingga hal tersebut dapat meningkatkan mutu layanan pendidikan. Fokus dan pertanyaan penelitian dalam penelitian ini adalah : (1) Bagaimana budgetting (penganggaran) pembiayaan berbasis aplikasi keuangan ARKAS dalam meningkatkan mutu layanan pendidikan di SMP Islamic International School PSM Kediri dan SMP Queen Al Falah Ploso Kediri? (2) Bagaimana actuating (pelaksanaan) pembiayaan berbasis aplikasi keuangan ARKAS dalam meningkatkan mutu layanan pendidikan di SMP Islamic International School PSM Kediri dan SMP Queen Al Falah Ploso Kediri? (3) Bagaimana controlling (pengendalian) pembiayaan berbasis aplikasi keuangan ARKAS dalam meningkatkan mutu layanan pendidikan di SMP Islamic International School PSM Kediri dan SMP Queen Al Falah Ploso Kediri? (4) Bagaimana tindak lanjut manajemen pembiayaan berbasis aplikasi keuangan ARKAS dalam meningkatkan mutu layanan pendidikan di SMP Islamic International School PSM Kediri dan SMP Queen Al Falah Ploso Kediri? Tesis ini menggunakan metode penelitian kualitatif yang bertujuan menjelaskan fenomena dengan sedalam dalamnya melalui pengumpulan data. Jadi dalam penelitian ini lebih ditekankan persoalan kedalaman (kualitas) data bukan banyaknya (kuantitas) data. Penelitian kualitatif dilakukan dengan cara mengumpulkan data yang akurat dengan cara observasi dan wawancara yang berkenaan dengan judul yang telah peneliti tentukan. Pendekatan yang digunakan pada penelitian kali ini adalah pendekatan deskriptif, dimana pendekatan ini bertujuan untuk menggambarkan secara sistematis fakta secara cermat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) penganggaran diawali dengan penyusunan anggaran yang dilakukan melalui musyawarah dengan komite, guru, kepala sekolah beserta staf, setelah penyusunan penganggaran selesai disusun maka akan dimasukkan kedalam aplikasi keuangan; (2) pelaksanaan manajemen pembiayaan telah dilaksanakan sesuai dengan anggaran yang telah disusun yang sesuai dengan tujuan kedepannya, setiap transaksi yang telah dilaksanakan haruslah disertai dengan nota/kwitansi, dll dan dimasukkan pada aplikasi keuangan; (3) pengendalian manajemen pembiayaan sejauh ini berjalan selalu lancar, kepala sekolah dan bendahara bersinergi dalam melakukan pengendalian yang dilaksanakan melalui aplikasi; (4) tindak lanjut manajemen pembiayaan berbasis aplikasi sangat dirasakan, dengan adanya aplikasi keuangan dapat mempermudah pengelolaan manajemen pembiayaan pada lembaga pendidikan dan menunjang perkembangan mutu layanan pendidikan sekolah.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Manajemen > Pendidikan Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: 12850121032 Rosa Famila
Date Deposited: 14 Jun 2023 08:36
Last Modified: 14 Jun 2023 08:36
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/36374

Actions (login required)

View Item View Item