ARINA ZAHROH MAHMUDAH, 12201183135 (2023) STRATEGI GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MEMBINA AKHLAK SISWA DI MTS SUNAN KALIJOGO KALIDAWIR TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (3MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (2MB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul “Strategi Guru Akidah Akhlak Dalam Membina Akhlak Siswa Di MTs Sunan Kalijogo Kalidawir Tulungagung” ini ditulis oleh Arina Zahroh Mahmudah, NIM. 12201183135, pembimbing Suwanto M. S. I. Kata kunci: Strategi Guru, Akidah Akhlak, Pembinaan Akhlak. Penelitian ini menjelaskan tentang strategi guru akidah akhlak dalam membina akhlak siswa. Hal ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena bahwa pengetahuan dan pemahaman siswa tentang ajaran akidah akhlak dapat mempengaruhi kesadaran siswa dalam berbuat dan bertingkah laku. Karena dalam usia remaja khususnya pada jenjang Madrasah Tsanawiyah sederajat anak mulai mudah terpengaruh oleh hal-hal dari luar seperti kenakalan remaja oleh sebab itu guru akidah akhlak melakukan pembinaan akhlak siswa mulai dari perencanaan, pelaksanaan, dan mengevaluasi agar siswa mempunyai akhlak yang lebih baik lagi. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah: 1. Bagaimana perencanaan pembinaan yang dilakukan guru Akidah akhlak dalam membina akhlak siswa di MTs Sunan Kalijogo, Kalidawir Tulungagung. 2. Bagaimana pelaksanaan pembinaan yang dilakukan guru Akidah akhlak dalam membina akhlak siswa di MTs Sunan Kalijogo, Kalidawir Tulungagung. 3. Bagaimana evaluasi pembinaan yang dilakukan guru Akidah akhlak dalam membina akhlak siswa di MTs Sunan Kalijogo, Kalidawir Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Sumber data dalam penelitian ini yaitu data primer serta data sekunder. Teknik pengumpulan data meggunakan metode observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Teknik analisis data mengguanakan kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan data menggunakan ketekunan pengamatan dan triangulasi (triangulasi sumber, triangulasi teknik, dan triangulasi waktu). Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1. Perencanaan pembinaan akhlak siswa Guru membuat RPP yang sesuai dan berkaitan dengan akhlak yang akan di ajarkan dan sebagai pedoman bagi guru untuk membentuk akhlak bagi siswa. 2. Pelaksanaan dengan menggunakan metode keteladanan, pembiasaan, dan nasehat. Pelaksanaan guru menjadi teladan bagi peserta didik yaitu contohnya guru senantiasa menanamkan sikap disiplin dalam pembinaan akhlak misalnya menanamkan disiplin dalam mengerjakan sholat, mengajarkan sikap hormat kepada orang lain. Kemudian untuk metode pembiasaan peserta didik mampu menerapkan apa yang sudah diajarkan guru ke dalam kehidupan sehari-hari misalnya sholat berjamaah, berpakaian yang rapi, sopan santun terhadap yang lebih tua serta mentaati tata tertib madrasah yang berlaku. Yang terakhir yaitu memberi nasehat terhadap peserta didik secara terus menerus agar peserta didik dapat berusaha mengubah akhlaknya menjadi yang lebih baik. 3. Evaluasi pembinaan akhlak siswa dilakukan dengan cara menganalisis kebiasaan siswa yang positif dan yang buruk untuk meminimalisir akhlak yang tercela.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah Pendidikan > Pendidikan Islàm |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | S1 12201183135 ARINA ZAHROH MAHMUDAH |
Date Deposited: | 14 Jun 2023 02:26 |
Last Modified: | 14 Jun 2023 02:26 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/36378 |
Actions (login required)
View Item |