STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DALAM MENINGKATKAN SIKAP TAWADHU' SISWA KELAS XII SMKN 1 BOYOLANGU

LATHIFATUL HASANAH, 12201193172 (2023) STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DALAM MENINGKATKAN SIKAP TAWADHU' SISWA KELAS XII SMKN 1 BOYOLANGU. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (953kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (302kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (281kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (628kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (758kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (473kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (556kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (135kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (231kB) | Preview

Abstract

Skripsi yang berjudul “Strategi Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam Meningkatkan Sikap Tawadhu’ Siswa Kelas XII SMKN 1 Boyolangu” ini ditulis oleh Lathifatul Hasanah, NIM. 12201193172, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing: Dr. Hj. St. Noer Farida Laila, M.A. Kata Kunci: Strategi, Sikap Tawadhu’ Penelitian ini dilatar belakangi oleh sekolah yang merupakan sekolah menengah kejuruan negeri dengan keluarga, sosial, agama yang heterogen, dan memiliki berbagai macam prestasi, yang biasanya membuat siswa tinggi hati, akan tetapi di SMKN 1 Boyolangu, siswa-siswi menunjukkan sikap yang cukup baik Hal ini terlihat saat peneliti melakukan observasi, siswa sangat antusias, menyambut dengan hangat, bahkan hendak mencium tangan saat bersalaman yang notabene usia tidak terlalu jauh. Siswa pun dengan kesadaran juga tidak segan menyapa guru, teman sebaya, maupun peneliti saat bertemu di luar kelas. Adapun fokus penelitian ini meliputi: 1. Bagaimana metode guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam meningkatkan sikap tawadhu’ siswa terhadap guru? 2. Bagaimana metode guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam meningkatkan sikap tawadhu’ siswa terhadap ulama’? 3. Bagaimana metode guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam meningkatkan sikap tawadhu’ siswa terhadap orangtua? 4. Bagaimana metode guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam meningkatkan sikap tawadhu’ siswa terhadap teman sebaya? Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan metode pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Teknik analisis berupa pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, verifikasi dan penarikan kesimpulan. Sedangkan untuk pengecekan keabsahan dilakukan dengan cara perpanjangan pengamatan, meingkatkan ketekunan, dan trianggulasi. Trianggulasi yang digunakan adalah trianggulasi sumber, waktu, dan teori. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1. Strategi guru PAI dalam meningkatkan sikap tawadhu’ siswa terhadap guru yaitu menggunakan metode nasihat, ceramah, keteladanan, dan teguran. 2. Strategi guru PAI dalam meningkatkan sikap tawadhu’ siswa terhadap ulama’ yaitu menggunakan metode nasihat dan keteladanan. 3. Strategi guru PAI dalam meningkatkan sikap tawadhu’ siswa terhadap orangtua yaitu menggunakan metode nasihat dan praktik. 4. Strategi guru PAI dalam meningkatkan sikap tawadhu’ siswa terhadap teman sebaya yaitu menggunakan metode nasihat dan praktik.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12201193172 Lathifatul Hasanah
Date Deposited: 14 Jun 2023 03:34
Last Modified: 14 Jun 2023 03:34
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/36400

Actions (login required)

View Item View Item