GALIH DWI RIANTO, 12210173111 (2023) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR TEKS CERITA RAKYAT BERBASIS KEARIFAN LOKAL UNTUK SISWA KELAS VII SMP/MTs. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (646kB) |
||
Text
ABSTRAK.pdf Download (289kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (192kB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (230kB) |
||
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (283kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (306kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (193kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (198kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Rianto, Galih Dwi. 2022. Pengembangan Bahan Ajar Teks Cerita Rakyat Berbasis Kearifan Lokal untuk Siswa Kelas VII SMP/MTs. Skripsi, Program Studi Tadris Bahasa Indonesia, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing: Rahmawati Mulyaningtyas, M.Pd. Kata kunci: cerita rakyat, pengembangan bahan ajar, kearifan lokal. Teks merupakan salah satu dasar yang digunakan pada pembelajaran Bahasa Indonesia kurikulum 2013. Melalui teks yang dikemas dalam materi, siswa akan mendapatkan pengalaman belajar yaitu berbicara, membaca, menulis, dan menyimak. Pengemasan materi yang baik, menarik, dan utuh akan membuat tujuan pembelajaran dapat tercapai, adapun teknik pengemasan materi yaitu dengan melakukan pengembangan bahan ajar. Kegiatan tersebut merupakan cara efektif, karena tahap-tahapnya sangat memperhatikan kebutuhan siswa serta melalui pengujian kelayakan bahan ajar. Cerita rakyat merupakan salah satu jenis karya sastra yang berkembang secara turun-temurun dan bersifat lisan di suatu daerah. Melalui sifat lisan tersebut, perlu adanya kegiatan pelestarian dengan cara pengaplikasian dalam bentuk teks cerita rakyat lokal pada bahan ajar yang dikembangkan. Rumusan permasalahan penelitian ini adalah (1) bagaimanakah pengembangan bahan ajar teks cerita rakyat berbasis kearifan lokal untuk siswa kelas VII SMP/MTs? (2) bagaimanakah uji kelayakan bahan ajar teks cerita rakyat berbasis kearifan lokal untuk siswa kelas VII SMP/MTs? Tujuan penelitian ini yaitu mengembangkan bahan ajar, menghasilkan suatu produk baru yang memuat cerita cerita rakyat berbasis kearifan lokal berbentuk teks. Selain itu, memaparkan hasil uji coba bahan ajar pada siswa kelas VII SMPN 1 Gandusari Trenggalek. Penelitian ini menggunakan mengadaptasi metode RnD (Research and Development) model Borg and Gall dengan ciri khas tahapan yang memaparkan kegiatan analisis kebutuhan dan diikuti dengan tahapan perencanaan, desain produk, validasi produk, revisi produk, dan uji coba. Bahan ajar ini disusun dengan menerapkan konsep buku standar dari BSNP, seperti aspek isi, penyajian, bahasa, kontekstual, dan kegrafikan. Adapun sistematikanya menggunakan ukuran B5, dengan sajian berupa sampul, kata pengantar, pendahuluan, dafar isi, petunjuk, kegiatan 1, kegiatan 2, kegiatan 3, kegiatan 4, riwayat penulis, dan rujukan. Pada bahan ajar Trenggalek Punya Cerita menghasilkan persentase kelayakan isi 90%, kelayakan penyajian 85%, kelayakan bahasa 81%, kelayakan kontekstual 83%, dan kelayakan kegrafikan 78%, yang berarti layak untuk digunakan. Sedangkan pada kegiatan uji coba siswa menghasilkan persentase 85%, nilai tersebut merupakan akumulasi dari kesan siswa yang setuju akan adanya bahan ajar teks cerita rakyat berbasis kearifan lokal.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Bahasa Dan Sastra > Bahasa Indonesia |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Indonesia |
Depositing User: | 12210173111 GALIH DWI RIANTO |
Date Deposited: | 14 Jun 2023 05:20 |
Last Modified: | 14 Jun 2023 05:20 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/36415 |
Actions (login required)
View Item |