PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROMO TERINTEGRASI NILAI KEISLAMAN PADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA UNTUK SMA/MA KELAS XI

ARFINA DWI APRILLIA, 12212183070 (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROMO TERINTEGRASI NILAI KEISLAMAN PADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA UNTUK SMA/MA KELAS XI. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (635kB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (470kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (341kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (850kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (408kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (61kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (300kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Andromo Terintegrasi Nilai Keislaman pada Materi Kesetimbangan Kimia untuk SMA/MA Kelas XI” ini ditulis oleh Arfina Dwi Aprillia, NIM. 12212183070, pembimbing Ali Amirul Mu’minin, M.Pd. Kata Kunci : Pengembangan Media Pembelajaran, Andromo, Kesetimbangan Kimia Penguasaan konsep Kesetimbangan Kimia oleh siswa kelas XI MA AlMa’arif Tulungagung tergolong rendah. Media pembelajaran yang digunakan guru belum mampu memberikan pemahaman konsep secara maksimal. Upaya untuk mengatasinya adalah melalui pengembangan media pembelajaran berbasis Android yang menekankan pemahaman konsep secara utuh yang memuat nilai teoritis dan aplikatif. Memperkuat nilai teoritis dan aplikatif bisa dengan mengintegrasikan nilai keislaman dalam media pembelajaran. Oleh sebab itu, perlu adanya pengembangan media pembelajaran berbasis Andromo terintegrasi nilai keislaman pada materi Kesetimbangan Kimia untuk SMA/MA kelas XI. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan proses pengembangan media pembelajaran, (2) mendeskripsikan tingkat validitas media pembelajaran, (3) mendeskripsikan respon guru dan siswa terhadap media pembelajaran. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang memiliki lima tahapan dan dibatasi pada 4 tahapan yakni analyze, design, development, dan implementation. Instrumen penelitian yang digunakan berupa pedoman wawancara untuk analisis kebutuhan dan kurikulum, validasi untuk mengetahui tingkat validasi produk, dan angket untuk analisis kebutuhan, karakteristik siswa, serta respon guru dan siswa terhadap produk yang dikembangkan. Uji validitas dilakukan oleh 2 dosen Tadris Kimia UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung sebagai ahli materi dan ahli media. Sementara uji respon dilakukan oleh 1 guru kimia dan 16 siswa kelas XI MA Al-Ma’arif Tulungagung. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan metode deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini berupa (1) Media pembelajaran berbasis Andromo terintegrasi nilai keislaman pada materi Kesetimbangan Kimia yang dikembangkan sesuai dengan proses pengembangan ADDIE, (2) Tingkat validitas materi pada aspek kelayakan isi, bahasa, dan penyajian mendapatkan persentase berturut-turut sebesar 92,4%, 95,7%, dan 95,4% dengan kategori sangat valid. Sementara tingkat validitas media pada aspek rekayasa perangkat lunak dan komunikasi visual mendapatkan persentase berturut-turut sebesar 97,5% dan 88% dengan kategori sangat valid, (3) Respon guru dan siswa terhadap media pembelajaran berbasis Andromo terintegrasi nilai keislaman pada materi Kesetimbangan Kimia untuk SMA/MA kelas XI pada aspek materi, bahasa, evaluasi, kemenarikan, dan kemudahan dalam pengoperasian mendapatkan persentase berturut-turur sebesar 95,29%, 95,06%, 92%, 96%, dan 99,76% dengan kategori sangat baik pula.

Item Type: Skripsi
Subjects: Kimia
Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan > Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Kimia
Depositing User: 12212183070 ARFINA DWI APRILLIA
Date Deposited: 15 Jun 2023 03:57
Last Modified: 15 Jun 2023 03:57
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/36442

Actions (login required)

View Item View Item