KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA KELAS VII SMPN 2 KADEMANGAN PADA MATERI BENTUK ALJABAR DITINJAU DARI SELF REGULATED LEARNING

NIA AINUN FAUZIAH, 12204183203 (2023) KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA KELAS VII SMPN 2 KADEMANGAN PADA MATERI BENTUK ALJABAR DITINJAU DARI SELF REGULATED LEARNING. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (786kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (284kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (297kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (374kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (391kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (124kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (774kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (210kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (91kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (173kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “ Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VII SMPN 2 Kademangan pada Materi Bentuk Aljabar Ditinjau dari Self Regulated Learning” ditulis oleh Nia Ainun fauziah, NIM. 12204183203, dengan dosen pembimbing Dr. Musrikah, M.Pd. Kata Kunci: Pemahaman Konsep, Self Regulated Learning, Aljabar Pemahaman konsep itu sendiri merupakan kemampuan menjelaskan keterkaitan antar konsep dan mengaplikasikan konsep atau algoritma, secara luwes dan tepat dalam memecahkan suatu masalah. Self regulated learning adalah suatu usaha siswa dengan sendirinya untuk memulai belajar secara langsung untuk memperoleh pengetahuan dan keahlian yang diinginkan tanpa bergantung pada orang lain. Terdapat permasalahan yang menunjukkan bahwa pemahaman siswa dengan sikap kemandirian belajar terhadap mata pelajaran matematika cenderung kurang baik. Penelitian ini dilatar belakangi oleh siswa yang masih kebingungan memahami konsep matematis pada materi aljabar. Perlu diketahui bahwa, salah satu kategori utama dari dasar materi pendidikan di sekolah menekankan pada pemahaman, agar seseorang dapat merasakan manfaat matematika dalam kehidupan sehari-hari. Tahapan pemahaman konsep matematis dari tingkat terendah samapai tingkat tertinggi dalam menyelesaikan masalah yaitu, tahap translasi, interpretasi dan ekstrapolasi. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui kemampuan pemahaman konsep siswa yang memiliki self regulated learning tinggi dalam menyelesaikan soal bentuk aljabar kelas VII SMPN 2 Kademangan, (2) Untuk mengetahui kemampuan pemahaman konsep siswa yang memiliki self regulated learning sedang dalam menyelesaikan soal bentuk aljabar kelas VII SMPN 2 Kademangan, (3) Untuk mengetahui kemampuan pemahaman konsep siswa yang memiliki self regulated learning rendah dalam menyelesaikan soal bentuk aljabar kelas VII SMPN 2 Kademangan. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan tes yaitu tes pemahaman konsep, angket self regulated learning, dan wawancara. Subjek penelitian adalah 6 siswa dari kelas VII-G SMPN 2 Kademangan. Ke-enam subjek tersebut diantaranya 2 siswa dengan self regulated learning tinggi, 2 siswa dengan self regulated learning sedang dan 2 siswa dengan self regulated learning rendah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) pemahaman konsep pada siswa yang memiliki self regulated learning tinggi adalah mereka mampu memenuhi semua tahap pemahaman yaitu translasi, interpretasi dan ekstrapolasi, 2) pemahaman konsep pada siswa yang memiliki self regulated learning sedang adalah mereka yang juga mampu memenuhi semua tahap pemahaman yaitu translasi, interpretasi dan ekstrapolasi, 3) pemahaman konsep pada siswa yang memiliki self regulated learning rendah adalah mereka yang hanya mampu memenuhi dua tahap pemahaman yaitu translasi dan interpretasi. Dapat disimpulkan bahwa pemahaman konsep dengan self regulated learning tidak terlalu memiliki keterkaitan yang kuat.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 12204183203 NIA AINUN FAUZIAH
Date Deposited: 15 Jun 2023 03:40
Last Modified: 15 Jun 2023 03:40
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/36443

Actions (login required)

View Item View Item