CHOIROTUS SA'ADAH, 12210183045 (2023) PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA TEKS CERITA FANTASI DENGAN METODE INKUIRI PADA SISWA KELAS VII SMPN SATU ATAP NGADIPURO WONOTIRTO. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
||
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (487kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (306kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (327kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (362kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (485kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (191kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (414kB) | Preview |
Abstract
Choirotus Sa’adah. 2022. Peningkatan Keterampilan Membaca Dengan Metode Inkuiri dalam Materi Teks Cerita Fantasi Pada Siswa Kelas VII SMPN Satap Ngadipuro Wonotirto. Pembimbing: Dian Risdiawati, M.Pd. Kata Kunci: VII, Keterampilan Membaca, Teks fantasi, komponen inkuiri. Penelitian tentang keterampilan membaca teks cerita fantasi ini merupakan salah satu penelitian yang dilatar belakangi oleh penilaiaan guru terhadap pembelajaran membaca teks cerita fantasi pada siswa kelas VII SMPN Santap (satu atap) Ngadipuro Wonotirto. Pada keterampilan membaca teks cerita fantasi, masih banyak siswa yang belum memenuhi kriteria atau nilai yang maksimal. Oleh sebab itu, penelitian ini bertujan untuk meningkatkan keterampilan membaca dengan metode inkuiri. Penellitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas. Dengan rumusan masalah sebagai berikut 1) bagaimana peningkatan keterampilan membaca teks cerita fantasi dengan metode kontekstual pada siswa kelas SMPN Satap (satu atap) Ngadipuro Wonotirto?. Berdasarkan masalah tersebut, tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui hasil peningkatan keterampilan membaca cerita teks fantasi dengan menggunakan metode inkuiri pada siswa kelas VII SMPN Santap (satu atap) Ngadipuro Wonotirto. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VII SMPN Satap Ngadipura Wonotirto yang beralamatkan di JI. Besole, Ngadipuro, Kec. Wonotirto, Kabupaten Blitar, Jawa Timur 66173, pada tanggal semester ganjil tahun 2022. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adala instrumen tes kinerja membaca cerita fantasi untuk mengukur keberhasilan peningkatan kemampuan membaca siswa. Adapun hasil dari penelitian dapat dijelaskan sebagai berikut. Pertama, peningkatan proses terlihat dari keaktifan siswa ketika mengikuti pembelajaran membaca teks cerita fantasi, perhatian atau konsentrasi siswa terhadap materi yang disampaikan oleh guru, dan antusias siswa pada pembelajaran keterampilan membaca. Kedua, hasil dari peningkatan tersebut terjadi dengan melalui beberapa tahap yaitu, pratindakan, siklus I, siklus II. Kedua, peningkatan dari hasil nilai siswa. Dari hasil tes pada siklus I, jumlah siswa yang mencapai KKM, berjumlah 16 orang siswa, atau hanya 51,6% saja. Jumlah ini dikatakan mengalami peningkatan karena pada tahap prasiklus, hanya ada 2 orang siswa (6,5%) saja. Pada aspek nilai rata-rata kelas sudah mencapai 76,5. Pada siklus II, jumlah siswa yang mencapai KKM berjumlah 29 orang siswa, atau 93,5%. Jumlah ini dikatakan mengalami peningkatan karena pada siklus I, hanya ada 16 orang siswa (51,6%) saja. Hal ini berarti pada siklus II, jumlah siswa yang mencapai kriteria ketuntasan minimlah tes, bertambah 13 orang siswa. Nilai rata-rata dari hasil tes pada siklus II ini mencapai 86,8.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Bahasa Dan Sastra > Bahasa Indonesia |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Indonesia |
Depositing User: | CHOIROTUS SA’ADAH |
Date Deposited: | 15 Jun 2023 05:32 |
Last Modified: | 15 Jun 2023 05:32 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/36453 |
Actions (login required)
View Item |