PENERAPAN METODE PEMBIASAAN TADARUS AL-QUR'AN DALAM MENINGKATKAN KUALITAS MEMBACA AL-QUR'AN PESERTA DIDIK DI MTS AL HUDA BANDUNG

FIKI UMZIATUL MUSTAFIDAH, 12201193169 (2023) PENERAPAN METODE PEMBIASAAN TADARUS AL-QUR'AN DALAM MENINGKATKAN KUALITAS MEMBACA AL-QUR'AN PESERTA DIDIK DI MTS AL HUDA BANDUNG. [ Skripsi ]

This is the latest version of this item.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (430kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (157kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (371kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (356kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (124kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (236kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Penerapan Metode Pembiasaan Tadarus Al Qur’an Dalam Meningkatkan Kualitas Membaca Al Qur’an Peserta Didik di MTs Al Huda Bandung” ini di tulis oleh Fiki Umziatul Mustafidah, NIM 12201193169, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing Dr. Nuryani, S. Ag ., M. Pd. I. Kata Kunci : Penerapan Metode Pembiasaan, Membaca Al Qur’an. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kualitas membaca Al Qur’an sebab seiring berjalannya kemajuan teknologi, umat islam kurang menyadari pentingnya Al Qur’an dalam kehidupannya. Terutama pada anak remaja yang lebih sering membuka handphone daripada membuka Al Qur’an. Maka tidak ada salahnya metode pembiasaan ini di terapkan untuk meningkatkan kualitas membaca Al Qur’an khusunya bagi peserta didik. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana proses penerapan metode pembiasaan tadarus Al Qur’an dalam meningkatkan kualitas membaca Al Qur’an di MTs Al Huda Bandung? 2) Bagaimanakah faktor pendukung metode pembiasaan tadarus Al Qur’an dalam meningkatkan kualitas membaca Al Qur’an di MTs Al Huda Bandung? 3) Bagaimanakah faktor penghambat metode pembiasaan tadarus Al Qur’an dalam meningkatkan kualitas membaca Al Qur’an di MTs Al Huda Bandung? Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan bagaimana penerapan metode pembiasaan membaca Al Qur’an peserta didik 2) Mendeskripsikan faktor pendukung dalam penerapan metode pembiasaan membaca Al Qur’an 3) Mendeskripsikan faktor penghambat penerapan metode pembiasaan membaca Al Qur’an. Jenis penelitian ini adalah berdasarkan data lapangan yang menggunakan pendekatan kualitatif. Data dilakukan melalui teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data menggunakan langkah langkah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian skripsi ini adalah 1) Proses penerapan pembiasaan tadarus Al Qur’an, yaitu: pertama, melatih anak sampai benar-benar paham dan bisa tanpa kesulitan dengan langkah-langkah sorogan, seperti membaca shalawat kalamun secara bersamaan, membaca do’a sebelum belajar secara bersamaan, guru mengucapkan salam, memanggil satu-persatu peserta didik sesuai absen, membaca Al Qur’an sesuai batas pertemuan sebelumnya, guru menyimak masing-masing peserta didik, membenarkan bacaan peserta didik sesuai kaidah tajwid, menutup dengan do’a setelah membaca Al Qur’an, dan guru mengakhiri dengan salam; kedua, mengingatkan anak apabila ada yang lupa melakukan dengan memberikan motivasi-motivasi di sertai sikap yang baik dan lembut agar tidak mudah tersinggung. 2) faktor pendukung metode pembiasaan yaitu fasilitas yang memadai dan motivasi dari guru pembimbing 3) faktor penghambat metode pembiasaan pertama,mengantuk; kedua, terlambat; ketiga, tidak adanya keterlanjutan mengaji di rumah.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama > Al Quran
Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12201193169 Fiki Umziatul Mustafidah
Date Deposited: 16 Jun 2023 05:40
Last Modified: 16 Jun 2023 05:40
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/36497

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item