PERAN GURU AL-QUR’AN HADIST DALAM MENGATASI KESULITAN MEMBACA ALQUR’AN PESERTA DIDIK KELAS VII DI MADRASAH TSANAWIYAH MAMBAUL ULUM MURUKAN MOJOAGUNG JOMBANG

FITRI AMALIA, 12201183102 (2023) PERAN GURU AL-QUR’AN HADIST DALAM MENGATASI KESULITAN MEMBACA ALQUR’AN PESERTA DIDIK KELAS VII DI MADRASAH TSANAWIYAH MAMBAUL ULUM MURUKAN MOJOAGUNG JOMBANG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (328kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (231kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (452kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (716kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (281kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (447kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (325kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (92kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (228kB) | Preview

Abstract

Fitri Amalia, NIM. 12201183102. Peran Guru Al-Quran Hadist dalam Mengatasi Kesulitan Membaca Al-Quran Peserta Didik Kelas VII di MTs Mambaul Ulum Murukan Mojoagung Jombang. Skripsi. Progam Studi Pendidikan Agama Islam. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing: Dr. Muhamad Zaini, M.A. Kata Kunci: Peran guru, Membaca Al-Quran Seorang guru tentunya mempunyai tugas mengajarkan atau menransfer ilmu kepada peserta didik. Membaca Al-Quran merupakan kebutuhan sehari-hari bagi kehidupan seorang muslim sehingga kemampuan membaca Al-Quran sangatlah penting dikalangan umat islam. Kemampuan membaca Al-Quran setiap peserta didik itu berbeda-beda, ada yang sudah mahir dalam membaca Al-Quran dan ada beberapa siswa yang masih mengalami kesulitan dalam membaca Al-Quran. Peran seorang guru sangatlah penting dalam mengatasi kesulitan membaca Al-Quran peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk memaparkan peran guru Al-Qur’an Hadist sebagai pendidik dalam mengatasi kesulitan membaca Al-Qur’an di MTs Mambaul Ulum Murukan Mojoagung. (2) Untuk memaparkan peran guru Al-Qur’an Hadist sebagai pembimbing dalam mengatasi kesulitan membaca Al-Qur’an di MTs Mambaul Ulum Murukan Mojoagung. (3) Untuk memaparkan peran guru Al-Qur’an Hadist sebagai motivator dalam mengatasi kesulitan membaca Al-Qur’an di MTs Mambaul Ulum Murukan Mojoagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Sumber datanya yaitu Kepala Madrasah, Waka Kurikulum, Guru Al-Quran Hadist dan Peserta didik kelas VII. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dimulai dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan data menggunakan kepercayaan (perpanjangan keikutsertaan, triangulasi), keteralihan, kebergantungan dan kepastian. Hasil penelitian, Pertama, Peran guru sebagai pendidik dalam mengatasi kesulitan membaca Al-Quran terdapat beberapa indikator diantaranya yaitu mengarahkan peserta didik dengan memperhatikan penyebab siswa kesulitan membaca Al-Quran, mengarahkan peserta didik untuk membaca Al-Quran bersama-sama ketika memulai pembelajaran atau setiap pergantian jam pelajaran dan adanya progam kegiatan BTQ. Kedua, Peran guru sebagai pembimbing dalam mengatasi kesulitan membaca Al-Quran terdapat beberapa indikator diantaranya yaitu guru melaksanakan progam bimbingan, memperhatikan dan mencatat proses perkembangan peserta didik dan konsultasi dengan orang tua ataupun pihak lain yang diperlukan dalam membantu keselarasan perkembangan peserta didik. Peran guru sebagai pembimbing adalah guru mengadakan privat belajar membaca Al-Quran baik dirumah maupun disekolah (sepulang sekolah) Ketiga, Peran guru guru sebagai motivator dalam mengatasi kesulitan membaca Al-Quran terdapat beberapa indikator diantaranya yaitu guru menjelaskan tujuan belajar, mengadakan kompetensi, memberi hadiah dan hukuman, membangkitkan dorongan peserta didik, menggunakan metode yang bervariasi dan menggunakan media yang baik. Adapun peran guru sebagai motivator adalah guru memberi motivasi kepada peserta didik agar bersemangat dalam membaca Al-Quran, mencari metode atau model yang bervaariasi.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama > Al Quran
Pendidikan > Peserta Didik
Pendidikan > Strategi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12201183102 FITRI AMALIA
Date Deposited: 17 Jun 2023 03:14
Last Modified: 17 Jun 2023 03:14
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/36500

Actions (login required)

View Item View Item