IZMI BAROKATUL HAFIDZAH, 128506203011 (2023) PENGARUH PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MADRASAH DINIYAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP SE-KECAMATAN KESAMBEN KABUPATEN BLITAR. [ Thesis ]
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
||
Text
ABSTRAK.pdf Download (874kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (400kB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (906kB) |
||
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (989kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (999kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (869kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (927kB) |
||
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (406kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Tesis dengan judul “Pengaruh Pelaksanaan Pembelajaran Madrasah Diniyah terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam si SMP se-Kecamatan Kesamben” ini ditulis oleh Izmi Barokatul Hafidzah, NIM. 128506203011, Program Magister Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing I Dr. H. Khoirul Anam, M. Pd. I., dan Pembimbing II Dr. Agus Zaenul Fitri, M. Pd. Kata kunci : Pelaksanaan Pembelajaran Madrasah Diniyah, Pendekatan, Metode, Teknik, Prestasi belajar. Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya cakupan materi keagamaan yang diterima oleh peserta didik pada lembaga pendidikan umum atau sekolah umum. Serta masih terdapat peserta didik yang belum lancar membaca al-Qur’an serta bacaan-bacaan sholat. Sehingga dibutuhkan adanya jam pembelajaran khususnya materi keagamaan untuk membantu peserta didik dalam memahami agama dengan baik dan lengkap. Pembelajaran Madrasah Diniyah menjadi salah satu alternatif untuk membantu permasalahan yang muncul pada peserta didik. Pembelajaran sendiri memiliki arti suatu sistem yang bertujuan untuk membantu proses belajar siswa, yang berisi serangkaian peristiwa yang dirancang, disusun sedemikian rupa untuk mempengaruhi dan mendukung terjadinya proses belajar siswa. Dalam pelaksanaan pembelajaran terdapat tiga indikator didalamnya, antara lain : 1) pendekatan, 2) metode, dan 3) teknik. Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk menjelaskan gambaran tentang kegiatan Madrasah Diniyah di SMP se-Kecamatan Kesamben, 2) untuk menguji pengaruh pendekatan dalam pembelajaran Madrasah Diniyah terhadap prestasi belajar Pendidikan Agama Islam peserta didik di SMP se-Kecamatan Kesamben, 3) untuk menguji pengaruh metode dalam pembelajaran Madrasah Diniyah terhadap prestasi belajar Pendidikan Agama Islam peserta didik di SMP se Kecamatan Kesamben, 4) untuk menguji pengaruh teknik dalam pembelajaran Madrasah Diniyah terhadap prestasi belajar Pendidikan Agama Islam peserta didik di SMP se-Kecamatan Kesamben, 5) untuk menguji pengaruh pendekatan, metode, dan teknik dalam pembelajaran Madrasah Diniyah terhadap prestasi belajar Pendidikan Agama Islam peserta didik di SMP se-Kecamatan Kesamben. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, jenis penelitiannya asosiatif, variabel bebas penelitian ini adalah pelaksanaan pembelajaran Madrasah Diniyah (X), yang didalamnya terdapat sub variabel X yaitu : pendekatan (X1), metode (X2), teknik (X3), dan variabel terikatnya adalah prestasi belajar (Y). Populasi : seluruh peserta didik di SMP Kecamatan Kesamben yang berjumlah 1.101. Teknik sampling yang digunakan penelitian adalah proportional stratified random sampling, sampel 293 peserta didik. Sumber data primer penelitian ini adalah angket dari pengisian peserta didik, dan hasil rata-rata nilai ulangan harian peserta didik, sedangkan data sekunder penelitian ini adalah dokumentasi, data peserta didik, hasil observasi, serta arsip-arsip kegiatan yang relevan dengan penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan penelitian ini adalah angket dan dokumentasi. Uji hipotesis yang digunakan adalah uji regresi linier dan uji regresi linier berganda. Hasil penelitian 1) Ada pengaruh yang signifikan pendekatan dalam pembelajaran Madrasah Diniyah terhadap prestasi belajar Pendidikan Agama Islam peserta didik di SMP se-Kecamatan Kesamben, dibuktikan dengan thitung 3, 112 > ttabel 1,96815, dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. 2) Ada pengaruh yang signifikan metode dalam pembelajaran Madrasah Diniyah terhadap prestasi belajar Pendidikan Agama Islam peserta didik di SMP se-Kecamatan Kesamben, dibuktikan dengan thitung 2,918 > ttabel 1,96815, dengan nilai signifikansi 0,003 < 0,05. 3) Ada pengaruh yang signifikan teknik dalam pembelajaran Madrasah Diniyah terhadap prestasi belajar Pendidikan Agama Islam peserta didik di SMP se-Kecamatan Kesamben, dibuktikan dengan thitung 3,925 > ttabel 1,96815, dengan nilai signifikansi 0,003 < 0,05. 4) Ada pengaruh simultan yang positif pendekatan, metode, dan teknik dalam pembelajaran Madrasah Diniyah terhadap prestasi belajar Pendidikan Agama Islam peserta didik di SMP se-Kecamatan Kesamben Fhitung 0,417 > Ftabel 0,117151 dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05.
Item Type: | Thesis (UNSPECIFIED) |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama Pendidikan > Pembelajaran Pendidikan > Peserta Didik Pendidikan > Prestasi Belajar |
Divisions: | Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 128506203011 IZMI BAROKATUL HAFIDZAH |
Date Deposited: | 21 Jun 2023 02:18 |
Last Modified: | 21 Jun 2023 02:18 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/36519 |
Actions (login required)
View Item |