TINGKAT PEMAHAMAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL TEOREMA PYTHAGORAS DI KELAS VIII SMP NEGERI 3 SRENGAT BLITAR

CANTIKA PUTRI NOVIANTARI, 12204183013 (2023) TINGKAT PEMAHAMAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL TEOREMA PYTHAGORAS DI KELAS VIII SMP NEGERI 3 SRENGAT BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (6MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (6MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (6MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Tingkat Pemahaman Siswa dalam Menyelesaikan Soal Teorema Pythagoras di Kelas VIII SMP Negeri 3 Srengat Blitar” ini ditulis oleh Cantika Putri Noviantari, NIM. 12204183013, Pembimbing Dr. Ummu Sholihah, S.Pd., M.Si. Kata Kunci: Tingkat Pemahaman, Teorema Pythagoras, Kriteria Pemahaman Polya Penelitian ini dilatarbelakangi adanya konsep pembelajaran matematika yang abstrak sehingga membuat banyak siswa merasa kesulitan dalam memahami materi yang diberikan, terlebih lagi dalam hal mengerjakan soal. Kesulitan tersebut dapat dilihat ketika siswa menyelesaikan soal teorema pythagoras yang bervariasi. Salah satu penyebab kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal tersebut adalah karena kurangnya pemahaman konsep teorema pythagoras, dimana kebanyakan siswa hanya cenderung menghafalkan rumus teorema pythagoras saja tanpa memahami penerapan konsepnya. Pemahaman konsep itu sendiri merupakan suatu penguasaan pada materi pembelajaran, dimana siswa mampu mengungkapkan kembali dalam bahasa yang mudah dimengerti serta mampu mengaplikasikannya, jadi tidak hanya mengenal dan mengetahui materi yang ditugaskan. Tujuan penelitian ini adalah untuk: 1) Mendeskripsikan tingkat pemahaman siswa dalam menyelesaikan soal teorema pythagoras di kelas VIII SMP Negeri 3 Srengat Blitar. 2) Mendeskripsikan faktor-faktor yang menjadi penghambat tingkat pemahaman siswa dalam menyelesaikan soal teorema pythagoras di kelas VIII SMP Negeri 3 Srengat Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 3 Srengat yang diikuti oleh kelas VIII A2 yang berjumlah 15 siswa. Dari 15 siswa dipilih 6 siswa sebagai subjek yang digolongkan dalam 3 kelompok (tinggi, sedang dan rendah) berdasarkan hasil tes tulis. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, wawancara, observasi dan dokumentasi. Kemudian teknik analisis data dilakukan melalui tahap pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian diketahui: 1) Tingkat pemahaman siswa dalam menyelesaikan soal teorema pythagoras di kelas VIII SMP Negeri 3 Srengat Blitar mencangkup 3 tingkatan, yaitu tinggi, sedang dan rendah. Siswa pada kelompok tinggi terdiri dari 3 siswa mampu mencapai 4 indikator pemahaman, yaitu pemahaman mekanikal, induktif, rasional dan intuitif. Siswa pada kelompok sedang terdiri dari 5 siswa mampu mencapai 2 indikator pemahaman, yaitu pemahaman mekanikal dan induktif. Siswa pada kelompok rendah terdiri dari 7 siswa mampu mencapai 1 indikator pemahaman, yaitu pemahaman mekanikal. 2) Faktor-faktor yang menjadi penghambat tingkat pemahaman siswa antara lain kurangnya latihan soal siswa dengan tipe soal bervariasi, pemberlakuan sistem shift yang belum efektif, serta kurangnya pembahasan soal di kelas oleh guru.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: S1 12204183013 CANTIKA PUTRI NOVIANTARI
Date Deposited: 19 Jun 2023 06:35
Last Modified: 19 Jun 2023 06:35
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/36528

Actions (login required)

View Item View Item