IDENTIFIKASI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR DITINJAU DARI KEMAMPUAN MATEMATIKA KELAS VIII SMP NEGERI 3 SRENGAT

VIRANIA AYU DISTARI, 12204183207 (2023) IDENTIFIKASI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR DITINJAU DARI KEMAMPUAN MATEMATIKA KELAS VIII SMP NEGERI 3 SRENGAT. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (5MB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (5MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (5MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Identifikasi Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematika Materi Bangun Ruang Sisi Datar Ditinjau dari Kemampuan Matematika Kelas VIII C SMP Negeri 3 Srengat” ini ditulis oleh Virania Ayu Distari, NIM. 12204183207, Pembimbing Nur Cholis, S.Pd.I, M.Pd. Kata Kunci: Kemampuan Berpikir Kritis, Pemecahan Masalah, Kemampuan Matematika Penelitian ini dilatarbelakangi karena masih ditemukannya proses pembelajaran yang menganut paradigma transfer ilmu dari guru ke murid atau biasa dikenal dengan metode ceramah. Sehingga dalam hal ini interaksi dalam proses pembelajaran hanya terjadi satu arah yaitu guru sebagai sumber informasi dan siswa sebagai penerima informasi. Maka dari itu, siswa hanya diberikan sedikit kesempatan untuk berpartisipasi secara aktif dalam kegiatan pembelajaran, sehingga kesempatan siswa untuk mengembangakan kemampuan berpikir kritis dalam pemecahan masalah matematika sangatlah terbatas. Dengan demikian, kemampuan berpikir kritis dalam pemecahan masalah matematika perlu di perhatian secara khusus dan dilatihkan kepada siswa di sekolah. Tujuan penelitian ini adalah untuk: 1) Mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis siswa dengan kemampuan matematika tinggi dalam pemecahan masalah matematika pada materi bangun ruang sisi datar. 2) Mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis siswa dengan kemampuan matematika sedang dalam pemecahan masalah matematika pada materi bangun ruang sisi datar. 3) Mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis siswa dengan kemampuan matematika rendah dalam pemecahan masalah matematika pada materi bangun ruang sisi datar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 3 Srengat yang diikuti oleh kelas VIII C1 yang berjumlah 6 siswa. Dari 6 siswa digolongkan berdasarkan kemampuan matematika tinggi, sedang, dan rendah.. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan wawancara. Kemudian teknik analisis data dilakukan melalui tahap pengumpulan data, reduksi data, paparan data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian diketahui: 1) Kemampuan matematika tinggi terdapat variasi yaitu ada siswa yang mampu mencapai kemampuan berpikir kritis tingkat 3 (sangat kritis) dan ada siswa yang hanya mampu mencapai kemampuan berpikir kritis tingkat 2 (kritis). 2) Kemampuan matematika sedang terdapat variasi yaitu ada siswa yang mampu mencapai kemampuan berpikir kritis tingkat 2 (kritis) dan ada siswa yang hanya mampu mencapai kemampuan berpikir kritis tingkat 1 (kurang kritis). 3) Kemampuan matematika rendah terdapat variasi yaitu ada siswa yang mampu mencapai kemampuan berpikir kritis tingkat 1 (kurang kritis) dan ada siswa yang hanya mampu mencapai kemampuan berpikir kritis tingkat 0 (tidak kritis).

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan
Matematika > Ruang
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: S1 12204183207 VIRANIA AYU DISTARI
Date Deposited: 19 Jun 2023 06:39
Last Modified: 19 Jun 2023 06:39
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/36529

Actions (login required)

View Item View Item