HADI SADAR ATMADJA, 125011740011 (2023) MANAJEMEN PENDIDIKAN INKLUSI BAGI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DALAM MEMBENTUK KOMPETENSI KEAHLIAN SISWA (Studi Multi Kasus Di SMA Islam Al Azhaar Tulungagung Dan Di SMK Islam Al AzhaarTulungagung). [ Thesis ]
|
Text
COVER.pdf Download (850kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (316kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (135kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (327kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (660kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (491kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (540kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (278kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (485kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Tesis dengan judul “Manajemen Pendidikan Inkhlusi Bagi Anak berkebutuhan Khusus Dalam membentuk Kompetensi Keahlian Siswa.”(Study Multy Kasus Di SMA Islam Al Azhaar tulungagung Dan Di SMK Islam Al Azhaar Tulungagung) Kata Kunci: Manajemen Pendidikan, Anak Berkebutuhan Khusus, Kompetensi Keahlian. Penelitian dalam tesis ini dilatar belakangi oleh sebuah fenomena bahwa jumlah anak berkebutuhan khusus terus meningkat dan ini perlu pendidikan khusus sedangkan jumlah penyelenggara pendidikan khusus dalam hal ini sekolah yang masih terbatas. Meskipun sedikit penyelenggara sekolah khusus formal, hal ini untuk menampung anak berkebutuhan khusus agar memiliki kompetensi keahlian demi masa depannya. Dalam menciptakan pendidikan inkhlusi yang berkualitas maka diperlukan manajemen pendidikan inkhlusi dengan memperhatikan tujuan pendidikan, bahan ajar, proses implementasi dan evaluasi kurikulum. Manajemen pendidikan inkhlusi merupakan komponen yang penting dalam lembaga pendidikan, menentukan arah tujuan pendidikan dan berpengaruh terhadap mutu pendidikan. Pendidikan dikatakan berkualitas apabila telah mampu menciptakan output dengan hasil yang sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan lembaga pendidikan. Pertanyaan penelitian dalam tesis ini adalah (1) Perencanaan pendidikan inkhlusi bagi anak berkebutuhan khusus dalam membentuk kompetensi keahlian; (2) Pengelolaan pendidikan inkhlusi bagi anak berkebutuhan khusus dalam membentuk kompetensi keahlian;(3) Pengawasan pendidikan inkhlusi bagi anak berkebutuhan khusus dalam membentuk kompetensi keahlian siswag . Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian multi situs. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi partisipan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis situs tunggal dan analisis data lintas situs. Pengecekkan keabsahan data dengan credibility, transferability, dependability, confirmability. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Perencanaan pendidikan inkhlusi bagi anak berkebutuhan khusus dalam membentuk kompetensi keahlian Anak Berkebutuhan Khusus yaitu: mengadakan rapat koordinasi terkait dalam penerimaan siswa baru,pembentukan TIM Inklusi, perumusan rencana perangkat pembelajaran dan kurikulum inklusi,sarana prasarana inklusi dan penyusunan penilaian hasil belajar; (2)Pengelolaan pendidikan inkhlusi bagi anak berkebutuhan khusus dalam membentuk kompetensi keahlian siswa terdapat indikator meliputi tatap muka, tutorial, dan mandiri, (3)Pengawasan pendidikan inkhlusi bagi anak berkebutuhan khusus dalam membentuk kompetensi keahlian anak berkebutuhan khusus yaitu ;(a)penilaian hasil belajar inkhlusi yang dilaksanakan , b) hasil pengajaran program inkhlusi ; c) serapan ouput meliputi kelanjutan lulusan ke jenjang berikutnya dan perbaikan manajemen pendidikan inkhlusi bagi anak berkebutuhan khusus dalam membentuk kompetensi keahlian kurikulum kedepannya
Item Type: | Thesis (UNSPECIFIED) |
---|---|
Subjects: | Manajemen > Pendidikan Islam |
Divisions: | Pascasarjana > Thesis > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | 125011740011 HADI SADAR ATMADJA |
Date Deposited: | 19 Jun 2023 08:50 |
Last Modified: | 19 Jun 2023 08:50 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/36558 |
Actions (login required)
View Item |