IMPLEMENTASI KOMPETENSI GURU DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN DASAR MENGAJAR AL QUR’AN HADITS DI MTs DARISSULAIMANIYYAH KAMULAN DURENAN TRENGGALEK

PUTRI AYYINA, 12201183467 (2023) IMPLEMENTASI KOMPETENSI GURU DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN DASAR MENGAJAR AL QUR’AN HADITS DI MTs DARISSULAIMANIYYAH KAMULAN DURENAN TRENGGALEK. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (316kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (846kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (502kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (886kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (724kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (264kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (293kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Implementasi Kompetensi Guru Dalam Meningkatkan Keterampilan Dasar Mengajar Al-Qur’an Hadit s di MTs Darissulaimaniyyah Kamulan Durenan Trenggalek” ini ditulis oleh Putri Ayyina, NIM 12201183467, Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Universitas Islam Negeri (UIN) Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing : Dr. Hj. Chusnul Chotimah, M. Ag. Kata Kunci : Kompetensi Guru, Keterampilan Dasar Mengajar, Al-Qur’an Hadits Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya fenomena bahwa seorang guru yang kurang kompeten dalam menjalankan tugas keguruannya. Kompetensi guru merupakan salah satu aspek penting yang harus dimiliki, dihayati, dan dikuasai oleh seorang guru maupun calon guru. Setiap guru harus memiliki setidaknya empat kompetensi, yaitu kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi soisal, dan kompetensi profesional. Hal ini bertujuan agar guru dapat melaksanakan pembelajaran Al-Qur’an Hadits dengan baik dan efektif. Berdasarkan hal tersebut mendorong penulis untuk mengkaji tentang implementasi kompetensi guru dalam meningkatkan keterampilan dasar mengajar Al-Qur’an Hadits di MTs Darissulaimaniyyah Kamulan Durenan Trenggalek. Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah : (1) Bagaimana implementasi kompetensi pedagogik guru dalam meningkatkan keterampilan dasar mengajar pada pembelajaran Al-Qur’an Hadits di MTs Darissulaimaniyyah Kamulan Durenan Trenggalek? (2) Bagaimana implementasi kompetensi kepribadian guru dalam meningkatkan keterampilan dasar mengajar pada pembelajaran Al-Qur’an Hadits di MTs Darissulaimaniyyah Kamulan Durenan Trenggalek? (3) Bagaimana implementasi kompetensi sosial guru dalam meningkatkan keterampilan dasar mengajar pada pembelajaran Al-Qur’an Hadits di MTs Darissulaimaniyyah Kamulan Durenan Trenggalek? (4) Bagaimana implementasi kompetensi profesional guru dalam meningkatkan keterampilan dasar mengajar pada pembelajaran Al-Qur’an Hadits di MTs Darissulaimaniyyah Kamulan Durenan Trenggalek? Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan fenomenologi. Lokasi penelitian di MTs Darissulaimaniyyah Kamulan Durenan Trenggalek. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, observasi partisipan, dan studi dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan kondensasi data, penyajian data, dan penarikan/verivikasi kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan perpanjang pengamatan, triangulasi, diskusi teman sejawat, dan ketekunan penelitian. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat diambil kesimpulan sebagai berikut: (1) Implementasi kompetensi pedagogik guru dalam meningkatkan keterampilan dasar mengajar Al-Qur’an Hadits di MTs Darissulaimaniyyah Kamulan Durenan Trenggalek dengan menguasai karakteristik peserta didik, menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik, mengembangkan kurikulum, melaksanakan kegiatan pembelajaran yang mendidik, mengembangkan potensi peserta didik, berkomunikasi dengan peserta didik, dan merencanakan dan mengadakan kegiatan penilaian dan evaluasi belajar. (2) Implementasi kompetensi kepribadian guru dalam meningkatkan keterampilan dasar mengajar Al-Qur’an Hadits di MTs Darissulaimaniyyah Kamulan Durenan Trenggalek dengan berkepribadian yang mantap dan stabil, dewasa, arif dan bijaksana, berkepribadian yang berwibawa, dan berakhlak mulia dan dapat menjadi teladan. 3) Implementasi kompetensi sosial guru dalam meningkatkan keterampilan dasar mengajar Al-Qur’an Hadits di MTs Darissulaimaniyyah Kamulan Durenan Trenggalek dengan berkomunikasi secara lisan, tulisan, dan isyarat, menggunakan teknologi informasi dan komunikasi secara fungsional yaitu dalam hal pengolahan nilai peserta didik, bergaul secara efektif dengan peserta didik, sesama pendidik, tenaga kependidikan, dan orang tua/wali peserta dan didik, bergaul secara santun dengan masyarakat. Dalam pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi secara fungsional untuk mendukung kegiatan pembelajaran di kelas kurang maksimal, karena fasilitas yang disediakan oleh madrasah kurang memadai. (4) Implementasi kompetensi profesional guru dalam meningkatkan keterampilan dasar mengajar Al-Qur’an Hadits di MTs Darissulaimaniyyah Kamulan Durenan Trenggalek dengan menguasai substansi bidang studi dan metodologi keilmuannya, menguasai stuktur dan materi kurikulum, mengorganisasikan materi kurikulum bidang studi, dan meningkatkan mutu pembelajaran melalui penelitian tindakan kelas. Dengan demikian guru Al-Qur’an Hadits di MTs Darissulaimaniyyah Kamulan Durenan Trenggalek merupakan guru yang profesional.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Agama > Al Hadist
Agama > Al Quran
Pendidikan > Efektivitas Pembelajaran
Pendidikan > Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S1 12201183467 PUTRI AYYINA
Date Deposited: 05 Jul 2023 03:46
Last Modified: 05 Jul 2023 03:46
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/36565

Actions (login required)

View Item View Item