PEMBENTUKAN KARAKTER ISLAMI MELALUI PEMBIASAAN BERIBADAH PESERTA DIDIK DI MIN 4 TULUNGAGUNG

SITI NURROHMATUL WAHIDAH, 12205193048 (2023) PEMBENTUKAN KARAKTER ISLAMI MELALUI PEMBIASAAN BERIBADAH PESERTA DIDIK DI MIN 4 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (630kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI .pdf

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (246kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (519kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (149kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (636kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (145kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (42kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (182kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pembentukan Karakter Islami Melalui Pembiasaan Beribadah Peserta Didik di MIN 4 Tulungagung” ini ditulis oleh Siti Nurrohmatul Wahidah, NIM. 12205193048, pembimbing Drs. H. Jani, M.M., M.Pd. Kata kunci: Pembiasaan Beribadah, Karakter Islami, Peserta didik Pada zaman sekarang ini banyak anak-anak di luar sana yang kurang memiliki akhlak atau moral yang baik. Karena itu pembentukan karakter dan pribadi anak akan sesuai dengan nilai keagamaan dan nilai kemanusiaan menjadi sebuah kebutuhan yang utama. Seperti yang peneliti amati di MIN 4 Tulungagung sekarang ini khususnya dalam karakter islami masih ada beberapa peserta didik yang kurang memiliki etika yang baik kepada yang lebih tua, mengatakan kata-kata yang kotor, dan ada juga yang kurang memperhatikan ibadahnya, seperti sulit dikondisikan pada waktu jamaah sholat dhuha dan dzuhur dan sulit dikondisikan pada saat pembiasaan yasin dan tahlil yang dilaksanakan setiap hari jumat. Sehingga betapa pentingnya pelaksanaan pembiasaan beribadah untuk membentuk karakter islami pada peserta didik. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana pelaksanaan pembiasaan beribadah untuk membentuk karakter islami pada peserta didik di MIN 4 Tulungagung tahun ajaran 2022/2023. 2) Bagaimana hambatan yang dihadapi dalam pelaksanaan pembiasaan beribadah untuk membentuk karakter islami pada peserta didik di MIN 4 Tulungagung tahun ajaran 2022/2023. 3) Bagaimana solusi dalam mengatasi hambatan pelaksanaan pembiasaan beribadah untuk membentuk karakter islami pada peserta didik di MIN 4 Tulungagung tahun ajaran 2022/2023?. Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan pembiasaan beribadah untuk membentuk karakter islami pada peserta didik di MIN 4 Tulungagung tahun ajaran 2022/2023. 2) Untuk mendeskripsikan hambatan yang dihadapi dalam pelaksanaan pembiasaan beribadah untuk membentuk karakter islami pada peserta didik di MIN 4 Tulungagung tahun ajaran 2022/2023. 3) Untuk mendeskripsikan solusi dalam mengatasi hambatan pelaksanaan pembiasaan beribadah untuk membentuk karakter islami pada peserta didik di MIN 4 Tulungagung tahun ajaran 2022/2023. Dalam penelitian ini digunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Observasi dilakukan untuk mengetahui lebih dekat tentang obyek yang sedang diteliti, wawancara digunakan untuk mengetahui atau menemukan permasalahan secara terbuka di MIN 4 Tulungagung tahun ajaran 2022/2023, sedangkan dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan data-data dengan jalan menyelidiki dokumen-dokumen yang sudah ada dan merupakan tempat untuk menyiapkan sejumlah data agar peneliti mendapat informasi secara maksimal yang dapat menggambarkan kondisi obyek yang diteliti dengan benar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pelaksanaan Pembiasaan Beribadah untuk Membentuk Karakter Islami Pada Peserta Didik di MIN 4 Tulungagung yaitu: 1) Pembiasaan yang diterapkan di MIN 4 Tulungagung xvi merupakan pembiasaan yang berhubungan dengan pembiasaan beribadah, misalnya pembiasaan menghafal surat pendek atau juz 30, menghafal asmaul husna, ibadah shalat dhuha berjamaah, ibadah shalat dzuhur berjamaah, kegiatan yasin tahlil setiap hari jumat, dan pembelajaran Al-Quran dengan metode ummi. 2) Hambatan dalam pelaksanaan pembiasaan beribadah di MIN 4 Tulungagung yaitu hambatan yang berasal dari peserta didik antara lain: terdapat beberapa peserta didik yang datang terlambat, terdapat peserta didik yang belum hafal asmaul husna, dan surat pendek, peserta didik sulit dikondisikan, dan surat pendek dan hambatan dari sarana prasarana, misalnya mushola yang terdapat di MIN 4 Tulungagung belum mencukupi digunakan untuk semua peserta didik secara bersamaan. 3) Solusi dalam Mengatasi Hambatan Pelaksanaan Pembiasaan Beribadah untuk Membentuk Karakter Islami Pada Peserta Didik di MIN 4 Tulungagung. Adapun langkah yang ditempuh MIN 4 Tulungagung dalam mengatasi hambatan antara lain: memberikan sanksi, memberikan motivasi, dan nasehat yang membangun, memberikan pengawasan atau pendampingan kepada peserta didik yang sulit dikondisikan, serta solusi untuk hambatan dari sarana prasarana seperti mushola, pihak madrasah melakukan sitem penjadwalan untuk pelaksanaan pembiasaan beribadah shalat dhuha dan shalat dzuhur berjamaah.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 12205193048 SITI NURROHMATUL WAHIDAH
Date Deposited: 21 Jun 2023 03:15
Last Modified: 21 Jun 2023 03:15
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/36575

Actions (login required)

View Item View Item