IMPLEMENTASI METODE CMSA (CARA MENGAJI SANTRI AKTIF) UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SANTRI DI TPQ TARBIYATUL MUBTADI’IEN JATINOM KANIGORO BLITAR

MUHAMMAD NAUVAL ZABIDI, 12201183411 (2023) IMPLEMENTASI METODE CMSA (CARA MENGAJI SANTRI AKTIF) UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SANTRI DI TPQ TARBIYATUL MUBTADI’IEN JATINOM KANIGORO BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (704kB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (312kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (283kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (320kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (512kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (263kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (616kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (322kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (172kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (190kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul Implementasi Metode CMSA (Cara Mengaji Santri Aktif) untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Santri di TPQ Tarbiyatul Mubtadi’ien Jatinom Kanigoro Blitar. Muhammad Nauval Zabidi, NIM. 12201183411. Program Studi Pendidikan Agama Islam. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah. Pembimbing: Muhammad Dwi Toriyono, M.Pd. Kata kunci: Implementasi, CMSA, Keaktifan. Salah satu faktor penghambat keberhasilan belajar santri adalah kekurang aktifan santri ketika proses pembelajaran berlangsung. Pemilihan metode pembelajaran yang tepat dinilai dapat meningkatkan keaktifan belajar Santri. Salah satu metode pembelajaran Al-Qur′an untuk meningkatkan keaktifan belajar Santri adalah metode CMSA (Cara Mengaji Santri Aktif). Metode CMSA telah diterapkan oleh TPQ Tarbiyatul Mubtadi‵ ien untuk meningkatkan keaktifan belajar Santri. Implementasi metode CMSA (Cara Mengaji Santri Aktif) di TPQ Tarbiyatul Mubtadi′ien Jatinom Kanigoro Blitar dapat meningkatkan keaktifan belajar santri. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk menjelaskan perencanaan, (2) untuk menjelaskan implementasi, (3) untuk menjelaskan evaluasi hasil implementasi metode CMSA (Cara Mengaji Santri Aktif) untuk meningkatkan keaktifan belajar Santri di TPQ Tarbiyatul Mubtadi’ien Jatinom Kanigoro Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber informasi adalah kepala TPQ, ustadz dan ustadzah, dan santri TPQ. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan wawancara serta dokumentasi. Analisis data dimulai dari analisis sebelum dilapangan, analisis selama dilapangan, pengumpulan data, reduksi, display data, serta penarikan kesimpulan. Teknik analisis pengecekan keabsahan data menggunakan uji kreadibilitas, uji dependability, dan uji confirmability. Hasil penelitian ini adalah (1) Dalam perencanaan implementasi metode CMSA (Cara Mengaji Santri Aktif) untuk meningkatkan keaktifan belajar santri, TPQ Tarbiyatul Mubtadi’ien Jatinom Kanigoro Blitar melaksanakan kegiatan (a) mempersiapkan metode belajar santri yaitu metode CMSA, (b) Melaksanakan pelatihan terhadap para Ustadz dan Ustadzah (c) Persiapan kelembagaan. (2) Implementasi metode CMSA untuk meningkatkan keaktifan belajar santri di TPQ Tarbiyatul Mubtadi’ien Jatinom Kanigoro Blitar adalah: (a) penerapan metode CMSA akibat faktor kurang aktifnya santri ketika belajar , (b) penerapan metode CMSA menitik beratkan kepada santri, (c) Penerapan metode CMSA dapat meningkatkan keaktifan belajar Santri (3) Evaluasi hasil implementasi TPQ Tarbiyatul Mubtadi’ien Jatinom Kanigoro Blitar mengadakan rapat setiap akhir tahun untuk melakukan evaluasi tentang keaktifan belajar santri satu tahun ke belakang untuk mempersiapkan pelaksanaan satu tahun ke depan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12201183411 MUHAMMAD NAUVAL ZABIDI
Date Deposited: 21 Jun 2023 03:56
Last Modified: 21 Jun 2023 03:56
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/36590

Actions (login required)

View Item View Item