SITI RIDHONA YASMIN, 12205083001 (2023) EFEKTIVITAS METODE TILAWATI UNTUK MENGATASI KESULITAN MENGHAFALKAN AL-QUR’AN DALAM PROGRAM TAHFIDZUL QUR’AN DI MI ROUDLOTUL ULUM DESA JABALSARI KECAMATAN SUMBERGEMPOL KABUPATEN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (379kB) |
||
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (386kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (389kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (381kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (260kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (728kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (370kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (239kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (244kB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul “Efektivitas Metode Tilawati untuk Mengatasi Kesulitan Menghafalkan Al-Qur’an dalam Program Tahfidzul Qur’an di MI Roudlotul Ulum Desa Jabalsari Kecamatan Sumbergempol Kabupaten Tulungagung”” ini ditulis oleh Siti Ridhona Yasmin Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), NIM : 12205183001 Tahun 2022 dibimbing oleh Prof. Dr. H. Achmad Patoni, M.Ag. Kata Kunci : Metode Tilawati, Tahfidz. Maraknya lembaga-lembaga yang membuka program Tahfidzul Qur’an saat ini membuktikan bahwa banyak umat manusia memuliakan Al-Qur’an dengan cara menjaga dan merawatnya dalam hafalan. MI Roudlotul Ulum hanyalah satu contoh dari sekian banyak lembaga yang membuka program Tahfidzul Qur’an. Tentunya, dalam pelaksanan program tersebut pasti berkaitan dengan metode yang digunakan dan dampak dari metode tersebut dalam kendala yang ditemui oleh penghafal Al-Qur’an yaitu kesulitan menghafalkan. Skripsi ini memiliki fokus penelitian tentang perencanaan metode tilawati, penerapan metode tilawati, faktor pendukung dan penghambat, serta hasil penerapan metode tilawati di MI Roudlotul Ulum. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan lokasi di MI Roudlotul Ulum dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi, serta data yang kami dapatkan berasal dari guru dan peserta didik. Berdasarkan hasil analisa data yang dilakukan, diperoleh kesimpulan bahwa perencanaan metode tilawati di MI Roudlotul Ulum sangat terarah dan terencana dengan matang, sehingga berdampak kepada penerapannya yang berjalan dengan efektif dari kegiatan muroja’ah, ziyadah, dan penutup. Faktor pendukung dari keberhasilan metode tilawati ini adalah sarana prasaran yang memadai, komunikasi yang baik dengan wali murid, dan bakat anak. Sedangkan faktor penghambat dari penerapan metode tilawati ini adalah penggunaan Gadget dan guru yang kurang menguasai metode. Hasil penerapan metode tilawati ini dapat dilihat dari evaluasi yang dilaksanakan 3 bulan sekali untuk menyaring siswa dan menjadikannya satu kelompok dengan tingkat kemampuan yang sama
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Guru Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | Mahasiswa 12205183001 Siti Ridhonayasmin |
Date Deposited: | 21 Jun 2023 04:01 |
Last Modified: | 21 Jun 2023 04:01 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/36591 |
Actions (login required)
View Item |