EFEKTIVITAS METODE TILAWATI UNTUK MENGATASI KESULITAN MENGHAFALKAN AL-QUR’AN DALAM PROGRAM TAHFIDZUL QUR’AN DI MI ROUDLOTUL ULUM DESA JABALSARI KECAMATAN SUMBERGEMPOL KABUPATEN TULUNGAGUNG

SITI RIDHONA YASMIN, 12205083001 (2023) EFEKTIVITAS METODE TILAWATI UNTUK MENGATASI KESULITAN MENGHAFALKAN AL-QUR’AN DALAM PROGRAM TAHFIDZUL QUR’AN DI MI ROUDLOTUL ULUM DESA JABALSARI KECAMATAN SUMBERGEMPOL KABUPATEN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (379kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (386kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (389kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (381kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (260kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (728kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (370kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (239kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (244kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Efektivitas Metode Tilawati untuk Mengatasi Kesulitan Menghafalkan Al-Qur’an dalam Program Tahfidzul Qur’an di MI Roudlotul Ulum Desa Jabalsari Kecamatan Sumbergempol Kabupaten Tulungagung”” ini ditulis oleh Siti Ridhona Yasmin Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), NIM : 12205183001 Tahun 2022 dibimbing oleh Prof. Dr. H. Achmad Patoni, M.Ag. Kata Kunci : Metode Tilawati, Tahfidz. Maraknya lembaga-lembaga yang membuka program Tahfidzul Qur’an saat ini membuktikan bahwa banyak umat manusia memuliakan Al-Qur’an dengan cara menjaga dan merawatnya dalam hafalan. MI Roudlotul Ulum hanyalah satu contoh dari sekian banyak lembaga yang membuka program Tahfidzul Qur’an. Tentunya, dalam pelaksanan program tersebut pasti berkaitan dengan metode yang digunakan dan dampak dari metode tersebut dalam kendala yang ditemui oleh penghafal Al-Qur’an yaitu kesulitan menghafalkan. Skripsi ini memiliki fokus penelitian tentang perencanaan metode tilawati, penerapan metode tilawati, faktor pendukung dan penghambat, serta hasil penerapan metode tilawati di MI Roudlotul Ulum. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan lokasi di MI Roudlotul Ulum dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi, serta data yang kami dapatkan berasal dari guru dan peserta didik. Berdasarkan hasil analisa data yang dilakukan, diperoleh kesimpulan bahwa perencanaan metode tilawati di MI Roudlotul Ulum sangat terarah dan terencana dengan matang, sehingga berdampak kepada penerapannya yang berjalan dengan efektif dari kegiatan muroja’ah, ziyadah, dan penutup. Faktor pendukung dari keberhasilan metode tilawati ini adalah sarana prasaran yang memadai, komunikasi yang baik dengan wali murid, dan bakat anak. Sedangkan faktor penghambat dari penerapan metode tilawati ini adalah penggunaan Gadget dan guru yang kurang menguasai metode. Hasil penerapan metode tilawati ini dapat dilihat dari evaluasi yang dilaksanakan 3 bulan sekali untuk menyaring siswa dan menjadikannya satu kelompok dengan tingkat kemampuan yang sama

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Guru
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: Mahasiswa 12205183001 Siti Ridhonayasmin
Date Deposited: 21 Jun 2023 04:01
Last Modified: 21 Jun 2023 04:01
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/36591

Actions (login required)

View Item View Item