PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN NASABAH MEMILIH ASURANSI SYARIAH ASURANSI JIWA BERSAMA BUMIPUTERA 1912 KANTOR UNIT OPERASIONAL TULUNGAGUNG

Dwi Wahyu Ningtyas, 2824123011 (2016) PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN NASABAH MEMILIH ASURANSI SYARIAH ASURANSI JIWA BERSAMA BUMIPUTERA 1912 KANTOR UNIT OPERASIONAL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
bagian awal.pdf

Download (905kB)
[img]
Preview
Text
BAB I FIX DI PRINT.pdf

Download (316kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II FIX DI PRINT.pdf

Download (384kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III FIX DI PRINT.pdf

Download (490kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV FIX DI PRINT.pdf

Download (575kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V FIX DI PRINT.pdf

Download (209kB) | Preview
[img] Text
BAB VI FIX DI PRINT.pdf

Download (90kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (61kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Nasabah Memilih Asuransi Syariah Asuransi Jiwa Bersama Bumiputera 1912 Kantor Unit Operasional Tulungagung” ini ditulis oleh Dwi Wahyu Ningtyas, NIM. 2824123011, pembimbing Dr. Nur Aini Latifah, SE., MM. Penelitian ini dilatar belakangi oleh semakin banyaknya lembaga asuransi, baik asuransi konvensional ataupun asuransi syariah maka Asuransi Syariah AJB Bumiputera 1912 perlu memasarkan terus produknya. Proses bauran pemasaran sangat penting dilakukan oleh lembaga asuransi untuk menunjukkan keberadaannya sebagai lembaga perasuransian kepada masyarakat. Hal ini disebabkan banyaknya masyarakat yang belum mengenal dan mengetahui produk-produk yang dikembangkan asuransi syariah dan system yang diterapkan asuransi syariah. Oleh sebab itu penelitian ini mengangkat permasalahan tentang bauran pemasaran (produk, harga, tempat, dan promosi) terhadap keputusan nasabah memilih Asuransi Syariah AJB Bumiputera 1912 Kantor Unit Operasional Tulungagung. Dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh signifikan bauran pemasaran (produk, harga, tempat, dan promosi) terhadap keputusan nasabah memilih Asuransi Syariah AJB Bumiputera 1912 Kantor Unit Operasional Tulungagung. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu nasabah mitra iqra plus dan tabungan hari tua di Asuransi Syariah AJB Bumiputera 1912 yang berjumlah 3.120 responden. Teknik sampling yang digunakan adalah Simple Random Sampling. Sampel penelitiannya adalah 97 responden. Tahap selanjutnya data kuesioner dianalisis dengan regresi linier berganda yang berfungsi untuk membuktikan hipotesis penelitian. Data-data yang telah memenuhi uji validitas, uji reliabilitas dan uji asumsi klasik diolah sehingga menghasilkan persamaan regresi sebagai berikut: Y = 4,546 + 0,214 (X1) + 0,357 (X2) + 0,115 (X3) + 0,071 (X4) Pengujian hipotesis menggunakan uji t menunjukkan bahwa produk (X1) secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan nasabah. Harga (X2) secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan nasabah. Tempat (X3) secara parsial berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap keputusan nasabah. Promosi (X4) secara parsial berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap keputusan nasabah. Selanjutnya melalui uji F dapat diketahui bahwa variabel produk, harga, tempat, dan promosi secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan nasabah. Angka Adjusted R Square sebesar 0,371 menunjukkan bahwa 37,1% variasi keputusan nasabah bisa dijelaskan oleh ke empat variabel independen yang digunakan dalam persamaan regresi. Sedangkan sisanya 62,9% dijelaskan oleh variabel lain di luar ke empat variabel yang digunakan dalam penelitian ini. Kata kunci: produk, harga, tempat, promosi, dan keputusan nasabah.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: 2824123011 Dwi Wahyu Ningtyas
Date Deposited: 19 Aug 2016 04:00
Last Modified: 19 Aug 2016 04:00
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/3660

Actions (login required)

View Item View Item