SASA MAHARANTHI, 12211183045 (2023) EFEKTIVITAS PENERAPAN METODE PRAKTIKUM TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM PELAJARAN FISIKA MATERI ALAT OPTIK DI SMAN 1 CAMPURDARAT TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (18MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (18MB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (18MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (18MB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (18MB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (18MB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (18MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (18MB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (18MB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (18MB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul “Efektivitas Penerapan Metode Praktikum Terhadap Motivasi Belajar dan Prestasi belajar Siswa Dalam Pelajaran Fisika Materi Alat Optik Di SMAN 1 Campurdarat Tulungagung” ini ditulis oleh Sasa Maharanthi, NIM. 12211183045, Husni Cahyani Kurniawan, M. Si. Kata Kunci: Metode pembelajaran praktikum, Alat Optik Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya kesenjangan pada proses pembelajan. Hal ini merupakan dampak dari metode pembelajaran yang digunakan tidak sesuai dengan kondisi dan situasi siswa yang terkadang menimbulkan kejenuhan saat kegiatan pembelajaran. Oleh karena itu pendidik harus mengubah metode pembelajaran agar mampu meningkatkan motivasi belajar dan meningkatkan Prestasi belajar yakni menggunakan metode pembelajaran praktikum. Pembelajaran praktikum adalah sebuah proses pembelajaran dimana peserta didik melakukan percobaan dengan mengalami pembuktian sendiri sesuatu yang dipelajari. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: 1) Mengetahui ada tidaknya efektivitas penerapan metode pembelajaran praktikum terhadap motivasi belajar siswa pada materi Alat Optik kelas XI MIPA SMAN 1 Campurdarat. 2) Mengetahui ada tidaknya efektivitas penerapan metode pembelajaran praktikum terhadap Prestasi belajar siswa pada materi Alat Optik kelas XI MIPA SMAN 1 Campurdarat. 3) Mengetahui ada tidaknya efektivitas penerapan metode pembelajaran praktikum terhadap motivasi belajar dan Prestasi belajar siswa pada materi Alat Optik kelas XI MIPA SMAN 1 Campurdarat. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian sebanyak 66 siswa yakni kelas XI MIPA2 sebagai kelas kontrol dengan jumlah 33 siswa.dan kelas XI MIPA1 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 33 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Analisis data yang digunakan ada tiga macam, yakni uji instrumen, uji prasyarat, dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Terdapat efektivitas metode pembelajaran praktikum terhadap motivasi belajar siswa pada materi Alat Optik kelas XI MIPA di SMAN 1 Campurdarat. Berdasarkan perhitungan hasil uji t-test untuk nilai motivasi belajar diperoleh nilai Signifikansi 0,002 < 0,05. 2) Terdapat efektivitas metode pembelajaran praktikum terhadap Prestasi belajar siswa pada materi Alat Optik kelas XI MIPA di SMAN 1 Campurdarat. Berdasarkan perhitungan hasil uji t-test untuk nilai motivasi belajar diperoleh nilai Signifikansi 0,002 < 0,05 dan dengan N-Gain kelas kontrol 10,64% sedangkan kelas eksperimn 23,91%. 3) Terdapat efektivitas metode pembelajaran praktikum terhadap motivasi belajar dan Prestasi belajar siswa pada materi Alat Optik kelas XI MIPA di SMAN 1 Campurdarat. Berdasarkan perhitungan hasil uji Manova diperoleh dari tabel Pillai’s Trace, Wilks, Lambda, Hotelling’s Trace, Roy’s Largest Root memunyai nilai Signifikansi 0,000 < 0,05
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam Fisika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Fisika |
Depositing User: | S1 12211183045 SASA MAHARANTHI |
Date Deposited: | 27 Jun 2023 05:42 |
Last Modified: | 27 Jun 2023 05:42 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/36615 |
Actions (login required)
View Item |