TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP KEPERCAYAAN MAGIS MASYARAKAT DALAM MENDIRIKAN USAHA RUMAHAN (Studi Kasus di Desa Gembongan, Kec. Ponggok, Kab. Blitar)

NUR FIZANAH, 12101193088 (2023) TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP KEPERCAYAAN MAGIS MASYARAKAT DALAM MENDIRIKAN USAHA RUMAHAN (Studi Kasus di Desa Gembongan, Kec. Ponggok, Kab. Blitar). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER .pdf

Download (795kB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Nur Fizanah, 12101193088, Tinjauan Hukum Islam Terhadap Kepercayaan Masyarakat Dalam Mendirikan Usaha Rumahan (Studi Kasus di Desa Gembongan Kecamatan Ponggok Kabupaten Blitar), Program Studi Hukum Ekonomi Syariah, Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung Tahun 2023, Pembimbing Dr. H. Nur Efendi, M.Ag. Kata kunci : kepercayaan magis, dampak, usaha rumahan. Penelitian ini membahas tentang masalah kepercayaan magis masyarakat dalam mendirikan usaha rumahan di Desa Gembongan Kecamatan Ponggok Kabupaten Blitar. Usaha rumahan yang dijalankan adalah toko kelontong dan warung kopi dan makanan. Pemilihan lokasi sangat berpengaruh pada resiko dan keuntungan usaha secara keseluruhan. Kepercayaan masyarakat tentang kekuatan magis tentunya banyak mendoktrin mereka dalam menjalankan usahanya, penentuan lokasi dengan unsur teori rasional terkadang bertolak belakang dengan keyakinan yang ada dimasyarakat. Adapun penelitian ini terfokus pada rumusan masalah pada penelitian, pertama yakni bagaimana kepercayaan magis masyarakat Desa Gembongan dalam mendirikan usaha rumahan. Kedua tinjauan hukum Islam terhadap kepercayaan magis masyarakat dlaam mendirikan usaha rumhan tersebut. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kepercayaan magis masyarakat dalam mendirikan usaha rumahan serta untuk mengetahui bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap kepercayaan magis dalam mendirikan usaha rumahan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field reseach) dengan metode penelitian kualitatif. Metode penelitian kualitatif merupakan metode penelitian yang berlandaskan pada data-data berdasarkan fakta empiris yang ditemukan oleh peneliti pada saat observasi. Sedangkan untuk teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk memperoleh data atau informasi sebagai pendukung penelitian ini, peneliti menggunakan sumber- sumber data kepustakaan dengan memanfaatkan catatan, jurnal, artikel, dan sumber lainnya yang relevan dengan objek penelitian. Hasil dari penelitian ini dapat diketahui bahwa : 1). Kepercayaan magis masyarakat di Desa Gembongan dalam mendirikan usaha rumahan sebagian masyarakat mempercayai untuk melakukan ijin ke makam dayangan desa sebelum mendirikan usaha yang akan dijalankan, dengan tujuan untuk memperlancar usaha dan mengembangkan usaha yang telah berjalan serta menolak hal-hal yang akan mengakibatkan usaha yang mereka jalankan mengalami kebangkrutan. 2). Tinjauan hukum Islam terhadap kepercayaan magis masyarakat dalam mendirikan usaha rumahan dikategorikan dalam perbuatan syirik karena meminta kepada selain Allah SWT. Jelas dalam hukum Islam hal haram hukumnya dengan dasar hukum Al- Qur’an surah Al-Baqarah ayat 102 dan Al-Maidah ayat 6. Sebagai pengganti dari kepercayaan magis masyarakat dapat melakukan hal untuk mengembangkan usaha dengan cara yang sesuai syariat Islam.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama > Aliran Kepercayaan
Ekonomi > Entrepreneur
Hukum > Hukum Ekonomi Islam
Hukum > Hukum Islam
Divisions: Fakultas Syariah Dan Ilmu Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Register 12101193088 Nur Fizanah
Date Deposited: 03 Jul 2023 03:58
Last Modified: 03 Jul 2023 03:58
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/36624

Actions (login required)

View Item View Item