DEFRAGMENTASI STRUKTUR BERPIKIR SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH GEOMETRI DITINJAU BERDASARKAN GAYA KOGNITIF FD DAN FI SISWA KELAS VIII SMPN 2 SUMBERGEMPOL

YUNI ALFIATUL HUSMIA, 12204193204 (2023) DEFRAGMENTASI STRUKTUR BERPIKIR SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH GEOMETRI DITINJAU BERDASARKAN GAYA KOGNITIF FD DAN FI SISWA KELAS VIII SMPN 2 SUMBERGEMPOL. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (635kB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (626kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (548kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (766kB) | Preview
[img] Text
BAB II .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (740kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (437kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (548kB)
[img] Text
BAB VI .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (282kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (521kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Defragmentasi Struktur Berfikir Siswa dalam Memecahkan Masalah Geometri Ditinjau Berdasarkan Gaya Kognitif FI dan FD Siswa Kelas VIII SMPN 2 Sumbergempol Tulungagung” ini ditulis oleh Yuni Alfiatul Husmia, NIM. 12204193204, pembimbing Dr. Syaiful Hadi, M.Pd. Kata Kunci: Defragmentasi Struktur Berpikir, Gaya Kognitif, Field Dependent, Field Independent, Pemecahan Masalah Geometri. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih banyak siswa yang mengalami kesulitan dan kesalahan dalam memecahkan masalah matematika. Kesalahan yang dialami siswa menunjukkan bahwa siswa belum mampu mengkonstruksikan suatu konsep secara utuh dalam memecahkan masalah matematika. Hal tersebut menunjukkan bahwa siswa mengalami fragmentasi struktur berpikir, yaitu terhambatnya proses konstruksi konsep dan pemecahan masalah matematika akibat tidak efisiennya penyimpanan informasi dalam otak. Oleh karena itu, untuk mempebaiki fragmentasinya dapat dilakukan dengan memberikan defragmentasi struktur berpikir, yakni proses restrukturisasi atau menata kembali struktur berpikir siswa agar dapat mengurangi kesalahan yang dilakukan. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mendeskripsikan defragmentasi struktur berpikir siswa bergaya kognitif field dependent dalam memecahkan masalah geometri di SMPN 2 Sumbergempol dan (2) untuk mendeskripsikan defragmentasi struktur berpikir siswa bergaya kognitif field independent dalam memecahkan masalah geometri di SMPN 2 Sumbergempol. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Lokasi penelitian adalah SMPN 2 Sumbergempol. Peneliti mengambil subjek penelitian dari siswa kelas VIII C yang berjumlah 31 siswa. Dari 31 siswa peneliti mengambil 4 subjek dengan 2 siswa field dependent dan 2 siswa field independent. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes GEFT (Group Embedded Figures Test), tes pemecahan masalah geometri, wawancara, dan observasi atau pengamatan. Teknik analisis data dilakukan melalui tahap reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi dan pengecekan teman sejawat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) siswa dengan gaya kognitif field dependent (FD) dalam memecahkan masalah geometri membutuhkan defragmentasi berupa perbaikan struktur berpikir analogis, pemunculan skema dan perajutan skema. Siswa FD dalam proses mendefragmentasi struktur berpikir membutuhkan banyak intervensi yaitu, pada tahap repairing dengan cara scaffolding dan conflict cognitive. (2) siswa dengan gaya kognitif field independent (FI) dalam memecahkan masalah geometri membutuhkan defragmentasi berupa perbaikan struktur berpikir logis, perbaikan struktur berpikir analogis, dan perajutan skema. Siswa FI hanya membutukan sedikit intervensi dalam proses defragmentasi yang dilakukan peneliti.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika > Geometri
Matematika
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 12204193204 YUNI ALFIATUL HUSMIA
Date Deposited: 29 Jun 2023 01:21
Last Modified: 29 Jun 2023 01:21
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/36634

Actions (login required)

View Item View Item