STRATEGI PEMBELAJARAN PAI DALAM MENUMBUHKAN KARAKTER RELIGIUSITAS PESERTA DIDIK DI SMPN 2 SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG

RISMA KOIRUL NIKMAH, 12201183320 (2023) STRATEGI PEMBELAJARAN PAI DALAM MENUMBUHKAN KARAKTER RELIGIUSITAS PESERTA DIDIK DI SMPN 2 SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (4MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf

Download (4MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “ Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Menumbuhkan Karakter Religiusitas Peserta Didik Di SMPN 2 Sumbergempol” ini ditulis oleh Risma Koirul Nikmah, NIM 12201183320, Progam Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, yang dibimbing oleh Muhammad Sulthon Aziz, Lc., M. H, NIP.198403292019031005 Kata Kunci : Strategi Pembelajaran PAI, Karakter Religius Peserta Didik Konteks penelitian ini di latar belakangi oleh dunia pendidikan mengalami perkembangan seiring dengan pesatnya kemajuan teknologi dan globalisasi yang mempengaruhi perilaku peserta didik. Perubahan perilaku tersebut yang menjadi penyebab ketidak sesuaian dengan tujuan pendidikan. Banyak peristiwa memprihatikan terjadi seperti penyalahgunaan narkotika, perzinaan, tawuran, dan kenakalan-kenakalan lainnya. Lunturnya karakter peserta didik tersebut lantaran penanaman karakter yang kurang bertenaga, pengaruh lingkungan dan kurangnya pengawasan yang ketat dari orang tua sebagai akibatnya mudah untuk ditumbangkan dan terpengaruh oleh karakter yang kurang baik. Penanaman karakter yang baik dimulai dari usia dini agar nantinya setelah dewasa perilaku yang baik itu telah menjadi kebiasaan. Sekolah sering dianggap belum mampu menbina sikap dan perikau keagamaan peserta didik, terutama pendidikan yang berbasis pendidikan umum. Tujuan penelitian disini antara lain:(1) Untuk mendeskripsikan perencanaan strategi pembelajaran PAI dalam menumbuhkan karakter religius pada peserta didik di SMPN 2 Sumbergempol,(2) Untuk mendeskripsikan implementasi strategi pembelajaran PAI dalam menumbuhkan karakter religius pada peserta didik di SMPN 2 Sumbergempol,(3) Untuk mendeskripsikan evaluasi strategi pembelajaran PAI dalam menumbuhkan karakter religius pada peserta didik di SMPN 2 Sumbergempol. Metode Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian studi kasus, yang diperoleh dari sumber data diantaranya kepala sekolah, waka kurikulum, guru PAI, dan peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan temuan dalam penelitian ini meliputi ketekunan pengamatan, dikusi dengan teman sejawat, perpanjangan keikutsertaan dan triangulasi. Adapun hasil penelitian ini, diperoleh sebagai berikut : (1) Perencanaan strategi pembelajaran PAI dalam menumbuhkan karakter religius pada peserta didik di SMPN 2 Sumbergempol adalah dengan mempersiapkan perangkat pembelajaran rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) dan program kegiatan keagamaan, (2) Implementasi strategi pembelajaran PAI dalam menumbuhkan karakter religius pada peserta didik di SMPN 2 Sumbergempol diantaranya adalah pelaksanaan stratregi pembelajaran dilakukan di dalam kelas dan diluar kelas dengan menggunakan metode ceramah dan metode drill, sedangkan pelaksanaan program di luar kelas dengan mengadakan kegiatan ekstrakurikuler berupa hadrah dan sholatdhuhur, dan jum’at berjamaah. (3) Evaluasi strategi pembelajaran PAI dalam menumbuhkan karakter religius pada peserta didik di SMPN 2 Sumbergempol adalah dengan pengadaan absensi dalam setiap kegiatan yang tidak dilaksanakan selama proses pembelajaran di luar kelas dan melalui penilaian kognitif, spiritual, afektif, dan psikomotorik yang dilakukan di dalam kelas.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Pendidikan > Strategi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S1 12201183320 RISMA KOIRUL NIKMAH
Date Deposited: 03 Jul 2023 03:27
Last Modified: 03 Jul 2023 03:27
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/36636

Actions (login required)

View Item View Item