MANAJEMEN KURIKULUM TERPADU DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN (Studi Multi Situs SMP Plus Al Falah Rejotangan dan MTs Plus Raden Paku Trenggalek)

FITRIA WAHYUNING TIYAS, 12501194032 (2023) MANAJEMEN KURIKULUM TERPADU DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN (Studi Multi Situs SMP Plus Al Falah Rejotangan dan MTs Plus Raden Paku Trenggalek). [ Thesis ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (830kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (606kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (31kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (311kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (576kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (340kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (620kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (420kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (348kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (228kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Tesis dengan judul “Manajemen kurikulum terpadu Dalam meningkatkan mutut pendidikan (studi Multisitus di SMP Plus Al Falah Rejotangan dan MTs Plus Raden Paku Trenggalek) ini ditulis oleh Fitria Wahyuning Tiyas dengan dibimbing oleh Dr. H. Asrop Syafi‟I, M.Ag dan Dr. H. As‟aril Muhajir, M.Ag Kata Kunci: Manajemen , Kurikulum terpadu, mutu pendidkan. Penelitian dalam tesis ini memiliki konteks penelitian pemikiran tentang perlunya manajemen kurikulum terpadu di Lembaga pendidikan dipandang sebagai suatu kebutuhan agar dapat tetap bertahan di tengah-tengah persaingan, serta dapat dijadikan acuan dalam perkembangan masa yang akan datang. Manajemen kurikulum terpadu memiliki peran penting dalam meningkatnya mutu pendidikan secara maksimal sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan. Pertanyaan penelitian dalam tesis ini adalah (1) bagaimana pendistribusian perencanaan program kerja kurikulum terpadu dalam meningkatkan mutu pendidikan? (2) bagaimana mekanisme implementasi kurikulum terpadu dalam meningkatkan mutu pendidikan? (3) Bagaimana ketercapaian program kurikulum terpadu dalam meningkatkan mutu pendidikan? Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan rancangan multisitus di SMP Plus Al Falah Rejotangan dan MTs Plus Raden paku Trenggalek. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi partisipan, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis data tunggal dan analisis data lintas situs. Pengecekkan keabsahan data dengan perpanjang keikutsertaan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) kurikulum di SMP Plus Al Falah Rejotangan mengacu pada Kurikulum K13 dan Kurikulum pondok Salafy, sedangkan kurikulum di MTs Plus Raden Paku Trenggalek menerapkan kurikulum KTSP dan dipadukan dengan kurikulum KMI ( Kulliyatul Mu‟alimin Al Islamiyah).Namun terdapat perbedaan di MTs Plus Raden Paku Trenggalek dalam hal proses perencanaan yakni dengan dibentuk Tim Pengembang Kurikulum untuk mengembangkan kurikulum berdasarkan potensi yang ada, (2) Pelaksanaan kurikulum terpadu untuk meningkatkan mutu pendidikan diidentikkan dengan manajemen pembelajaran, Namun terdapat perbedaan dari kedua sekolah tersebut bahwasanya sarana prasarana di MTs Plus Raden paku lebih menunjang seperti halnya laboratorium Bahasa serta dalam proses pembelajaran di MTs Plus Raden Paku Trenggalek menggunakan 2 bahasa yakni bahasa inggris dan bahasa arab. (3) Evaluasi kurikulum terpadu untuk meningkatkan mutu pendidikan mencakup mengenai evaluasi komponen kurikulum berupa penilaian hasil belajar, evaluasi proses yang berkaitan dengan perangkat pembelajaran serta evaluasi output mengenai perbaikan kurikulum untuk kedepannya. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan mutu pendidikan dengan selalu mengadakan perbaikan-perbaikan sehingga manajemen kurikulum terpadu menjadi lebih baik. Semua kegiatan evaluasi digunakan dalam mengukur keberhasilan dari kurikulum yang telah dilaksanakan.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Manajemen > Pendidikan Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: 12501194032 FITRIA WAHYUNING TIYAS
Date Deposited: 29 Jun 2023 02:10
Last Modified: 29 Jun 2023 02:10
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/36651

Actions (login required)

View Item View Item