METODE INTERNALISASI KARAKTER RELIGIUS DALAM MENGEMBANGKAN ISLAMIC CULTURE PESERTA DIDIK (Studi Kasus di Madrasah Ibtidaiyyah Negeri Kota Jayapura)

DENNY AULIA RACHMAWATI, 12850521031 (2023) METODE INTERNALISASI KARAKTER RELIGIUS DALAM MENGEMBANGKAN ISLAMIC CULTURE PESERTA DIDIK (Studi Kasus di Madrasah Ibtidaiyyah Negeri Kota Jayapura). [ Thesis ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (726kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (235kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (70kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (284kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (316kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (192kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (413kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (222kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (136kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (210kB) | Preview

Abstract

Tesis dengan judul “Metode Internalisasi Karakter Religius Dalam Mengembangkan Islamic Culture Peserta Didik (Studi Kasus di Madrasah Ibtidaiyyah Negeri Kota Jayapura)” ini ditulis oleh Denny Aulia Rachmawati dengan Pembimbing Prof. Dr. Ahmad Tanzeh, M.Pd.I dan Dr. H. Imam Junaris, S.Ag, M.H.I. Kata Kunci : Metode, Karakter Religius, Islamic Culture. Penelitian dalam tesis ini dilatarbelakangi oleh karakter d era sekarang merupakan hal yang sangat penting untuk dilakukan mengingat banyaknya peristiwa yang menunjukan krisis moral baik di kalangan anak-anak, remaja,maupun orang tua. Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana Internalisasi karakter religius dengan menggunakan Metode Keteladanan dalam mengembangkan Islamic Culture peserta didik di Madrasah Ibtidaiyyah Negeri Kota Jayapura, (2) Bagaimana Internalisasi karakter religius dengan menggunakan Metode Peniruan dalam mengembangkan Islamic Culture peserta didik di Madrasah Ibtidaiyyah Negeri Kota Jayapura, (3) Bagaimana Internalisasi karakter religius dengan menggunakan Metode Pembiasaan dalam mengembangkan Islamic Culture peserta didik di Madrasah Ibtidaiyyah Negeri Kota Jayapura, (4) Bagaimana Internalisasi karakter religius dengan menggunakan Metode Praktik dalam mengembangkan Islamic Culture peserta didik di Madrasah Ibtidaiyyah Negeri Kota Jayapura. Tesis ini bermanfaat bagi penulis dan peneliti yang lain untuk dijadikan penunjang dan pengembangan penelitian yang relevan dengan penelitian ini, dapat dijadikan sebagai bahan masukan dan motivasi dalam mengetahui Metode Internalisasi Karakter religius dalam mengembangkan Islamic Culture peserta didik, bagi Kepala Sekolah untuk menerapkan kebijakan yang tepat dalam program pengembangan karakter pada Lembaga yang diampunya. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) kepala sekolah berserta guru- guru menanamkan metode atau cara untuk tercapainya visi dan misi sekolah begitupula dalammetode internalisasi karakter religius dalam mengembangkan Islamic Culture peserta didik. Metode yang di terapkan MIN Kota Jayapura diantaranya Metode keteladanan (pemberian contoh) dimana guru dan kepala sekolah menjadi menjadi figur atau teladan bagi peserta didik. Guru memberikan contoh kepada peserta didik disaat melaksanakan sholat berjama’ah selalu tepat waktu, puasa senin kamis, penggunaan Hijab, bertutur kata dan berperilaku yang baik, berwudhu, berdoa setiap melaksanakan kegiatan, serta program 3S (Senyum, Sapa dan Salam). (2) metode yang kedua adalah Metode Peniruan (imitasi) dalam hal ini peserta didik menirukan apa yang telah diberikan contoh oleh guru yaitu memakai hijab yang baik, menirukan adab makan dan minum,puasa senin kamis, dan sholat berjama’ah. (3) metode ketiga ialah pembiasaan, keteladanan yang telahb diajarkan oleh bapak dan ibu gurunya dijadikan pembiasaan yang dilakukan berulang secara konsisten seperti halnya sholat berjama’ah, pembiasaan sholat dhuha, berpuasa, berdo’a, bertutur kata yang baik, muroja’ah dan hafalan. (4) metode yang terakhir ialah praktik peserta didik melakukan praktik sebagai suatu tindakan atau pelaksanaan dari apa yang telah mereka dapatkan dari keteladanan, peniruan dan pembiasaan yang diterapkan di sekolah, hal ini dilaporakan oleh orang tua melalui buku harian yang telah diberikan oleh sekolah pembiasaan sholat, mengaji, menghafal, puasa dan pelaksanaan sholat dhuha serta dalam bertutur kata yang baik. Dan selalu dalam bimbingan orang tua peserta didik.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan
Divisions: Pascasarjana > Thesis > PGMI
Depositing User: 12850521031 DENNY AULIA RACHMAWATI
Date Deposited: 29 Jun 2023 02:28
Last Modified: 29 Jun 2023 02:28
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/36657

Actions (login required)

View Item View Item