STRATEGI GURU AL-QUR’AN HADIST DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN PADA PESERTA DIDIK KELAS 3 DI MI WAHID HASYIM 2 GANDEKAN

NUR AWALIA DEWI NOVI ANDINI, 12205183281 (2023) STRATEGI GURU AL-QUR’AN HADIST DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN PADA PESERTA DIDIK KELAS 3 DI MI WAHID HASYIM 2 GANDEKAN. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (5MB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Guru Al-Qur’an Hadist Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Pada Peserta didik Kelas 3 Di MI Wahid Hasyim 2 Gandekan” ini di tulis oleh NUR AWALIA DEWI NOVI ANDINI. NIM 12205183281, Pembimbing Moh. Arif M.Pd. Kata Kunci : Strategi Guru, Meningkatkan Kedisiplinan Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh salah satu misi berdirinya MI Wahid Hasyim 2 Gandekan yaitu mengoptimalkan proses belajar secara disiplin dan efisien. Dalam meningkatkan kedisiplinan, banyak hal yang dilakukan madrasah agar siswa-siswanya dapat menjalankan tata tertib dengan baik, meskipun pada awalnya harus melalui paksaan. Strategi untuk meningkatkan siswa yang disiplin, seorang pendidik tidak cukup hanya memberikan prinsip saja, karena yang lebih utama bagi peserta didik adalah hadirnya seorang figur yang dapat memberikan uswatun hasanah (teladan) dalam menerapkan prinsip tersebut. Figur yang dimaksud adalah seorang guru. Oleh karena itu, strategi-strategi yang dilakukan oleh guru dirasa sangat penting dalam meningkatkan kedisiplinan siswa Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: (1) Bagaimana strategi guru AlQur’an Hadits dalam meningkatkan kedisiplinan peserta didik kelas 3 di MI Wahid Hasyim 2 Gandekan ?. (2) Bagaimana faktor pendukung strategi guru AlQur’an Hadits dalam meningkatkan kedisiplinan peserta didik kelas 3 di MI Wahid Hasyim 2 Gandekan ?. (3) Bagaimana faktor penghambat strategi guru AlQur’an Hadits dalam meningkatkan kedisiplinan peserta didik kelas 3 di MI Wahid Hasyim 2 Gandekan ?. Tujuan penelitian dalam skripsi ini adalah: (1) Untuk mengetahui dan memahami strategi guru Al-Qur’an Hadits dalam meningkatkan kedisiplinan peserta didik kelas 3 di MI Wahid Hasyim 2 Gandekan. (2) Untuk mengetahi dan memahami faktor pendukung dalam strategi guru Al-Qur’an Hadits dalam meningkatkan kedisiplinan peserta didik kelas 3 di MI Wahid Hasyim 2 Gandekan. (3) Untuk mentahui dan memahami faktor penghambat dalam strategi guru Al-Qur’an Hadits dalam meningkatkan kedisiplinan peserta didik kelas 3 di MI Wahid Hasyim 2 Gandekan Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan dan jenis penelitian deskriptif kualitatif, deskriptif kualitatif lokasi penelitian ini berada di MI Wahid Hasyim 2 Gandekan mengoptimalkan kehadiran berdasarkan dua sumber: 1) Data primer. 2) Data sekunder, kemudian untuk teknik yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu: 1) Observasi. 2) Wawancara. 3) Dokumentasi, kemudian menggunakan teknik analisis data dengan menggunakan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Adapun hasil penelitian yang diperoleh peneliti sebagai berikut: 1) Stategi guru Al-Qur’an Hadist dalam meningkatkan kedisiplinan peserta didik kelas 3 di MI Wahid Hasyim 2 Gandekan yaitu: (a) Memberikan himbauan atau nasehat setiap waktu. (b) Pendampingan bagi siswa. (c) Pengawasan. (d) Keteladanan . 2) Faktor pendukung strategi guru Al-Qur’an Hadist dalam meningkatkan kedisiplinan peserta didik kelas 3 di MI Wahid Hasyim 2 Gandekan. a) Guru menjadikan dirinya untuk menjadi suatu teladan oleh siswa-siswa di saat di sekolah maupun di rumah. b) Guru menciptakan lingkungan disiplin yang dibuat untuk saat dilingkungan sekolah dan dirumah. c) Guru menciptakan suatu peraturan tata tertib untuk dijadikan suatu peraturan yang harus dipatuhi oleh guru dan siswa.. d) Guru memberikan latihan disiplin dimanapun siswa berada, agar siswa dapat terbiasa melakukan sikap disiplin. 3) Faktor penghambat guru AlQur’an Hadist dalam meningkatkan kedisiplinan peserta didik kelas 3 di MI Wahid Hasyim. (1) Faktor eksternal. a). Faktor lingkungan. b) Faktor keluarga. c) Faktor masyarakat. (2) Faktor internal. a) Faktor minat siswa. b) Faktor motivasi siswa.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama > Al Hadist
Agama > Al Quran
Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah
Pendidikan > Peserta Didik
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: S1 12205183281 Nur Awalia Dewi Novi Andini
Date Deposited: 03 Jul 2023 07:22
Last Modified: 03 Jul 2023 07:23
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/36700

Actions (login required)

View Item View Item